3 Berita Populer Ekbis: Jonan Beli Esemka Hingga Soal Bawang Putih

10 Februari 2020 8:40 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Jonan menunjukan mobil Esemka yang dibeli. Foto: Instagram/@ignasius.jonan
zoom-in-whitePerbesar
Jonan menunjukan mobil Esemka yang dibeli. Foto: Instagram/@ignasius.jonan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada berbagai peristiwa atau kejadian yang diperbincangkan publik selama hari Minggu (9/2). Peristiwa tersebut mulai dari aktivitas menteri dan mantan menteri sampai langkah pemerintah mengatasi melambungnya harga bawang putih.
ADVERTISEMENT
Pemerintah menggelontorkan pasokan bawang putih ke pasar di DKI Jakarta. Kebijakan itu diharapkan bisa membuat harga normal. Apakah sudah berhasil langkah yang diambil pemerintah?
Berikut ini rangkuman berita populer ekonomi dan bisnis pada hari Minggu:
Jonan Beli Mobil Esemka
Mantan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengunggah momen bahagianya saat bergaya bersama mobil Esemka lewat media sosial instagram.
Menteri ESDM yang diangkat sejak 2016 periode pertama Presiden Joko Widodo itu, menyebut produk mobil nasional Esemka Ia beli, untuk mendukung peningkatan nilai tambah dalam negeri hingga lapangan pekerjaan.
"Saya juga memiliki produk nasional mobil Esemka lho. Mendukung peningkatan nilai tambah di dalam negeri dan penciptaan lapangan kerja," tulis Jonan.
Ia tampak mengacungkan jempolnya dengan tangan kirinya masuk ke saku celana bahan krem cerah. Ada dua mobil Esemka jenis pikap yang ia tunjukkan.
ADVERTISEMENT
Sri Mulyani Liburan Sederhana Bareng Cucu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengunggah foto dan videonya saat liburan bersama keluarganya di media sosial Instagram pada Minggu (9/2) pagi.
Dalam video dan foto itu, Sri Mulyani tampak menaiki delman bersama suami, beserta cucu. Pun Sri Mulyani mengungkapkan kebahagiaannya menaiki delman.
"Bahagia rasanya saya dan suami dapat pergi bersama cucu di Sabtu pagi yang cerah," demikian tulis postingan Sri Mulyani.
Dalam unggahannya, Sri Mulyani mengajak cucunya itu bernyanyi lagu Naik Delman. Liriknya ia tuliskan pula ke dalam caption akun media sosialnya.
"Ku duduk di samping Pak Kusir yang sedang bekerja. Mengendarai kuda supaya baik jalannya, hei!," kata Sri Mulyani.
Berdasarkan video dan foto yang diunggah, delman yang ditunggangi keluarga Sri Mulyani mengitari kawasan Monas.
Sri Mulyani Indrawati saat naik delman bersama suami dan cucunya. Foto: Instagram/@smindrawati
Operasi Pasar Bawang Putih ke 22 Pasar di DKI
ADVERTISEMENT
Pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Food Station tidak mau tinggal diam melihat harga bawang putih yang mencapai Rp 70 ribu di pasaran.
Pemerintah menggelar operasi pasar ke 22 lokasi yang dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
"Harapannya dengan begitu kawasan di Jakarta mendapatkan pasokan barang pokok stabil dan harganya stabil, keluarganya bahagia," kata Anies saat melepas operasi pasar di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Jakarta, Minggu (9/2).
Sementara itu, Kepala Badan Pertahanan Pangan Kementan, Agung Hendriadi mengaku tidak bisa bekerja sendiri dalam mengendalikan harga. Ia berharap langkah yang diambil ini bisa menekan harga sampai turun ke Rp 30 ribu.
"1 hari bawang putih laporan dari Food Station 20 ton kita guyur ke pasar dengan harga Rp 30 ribu. Ini jauh dibawah dari harga yang berlaku sekarang," kata
ADVERTISEMENT
Selain bawang putih, Agung mengungkapkan harga cabai rawit merah juga cukup melambung mencapai Rp 100 ribu. Ia memastikan pihaknya akan berupaya menormalkan kembali harga bahan-bahan tersebut.
Adapun stok bawang putih dan cabai rawit merah itu akan digelontorkan ke 22 pasar di DKI Jakarta, yaitu:
1. Tomang Barat 2. Kramat jati 3. Tanah abang 4. Jatinegara 5. kebayoran lama 6. Klender 7. Senen 8. Anyer bahari 9. Glodok 10. Johar baru 11. Tebet barat 12. Pondok labu 13. Koja baru 14. Gondangdia 15. Mampang prapatan 16. Petojo ilir 17. Kelapa gading 18. Cijantung 19. Pulogadung 20. Pal Merah 21. Metro Atom 22. Pasar minggu
Petugas merapikan bawang putih untuk operasi pasar. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Setelah Operasi Pasar, Harga Bawang Masih Tinggi
ADVERTISEMENT
Harga bawang putih dan cabai rawit merah ternyata masih melambung tinggi. Padahal, pemerintah sudah berupaya menyebar stoknya ke 22 pasar yang ada di DKI Jakarta.
Dari 22 pasar itu adalah di Pasar Minggu. Di pasar yang lokasinya tidak jauh dari pasar minggu ini harga bawang putih masih berada di angka Rp 60.000.
"Sekilonya ini ada ini udah turun Rp 60 ribu, kemarin Rp 70 ribu. Murah timun, pete. Bawang Putih masih Rp 60 ribu, turun Rp 10 ribu," kata Santi, seorang pedagang saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (9/2).
Santi mengungkapkan biasanya harga normal bawang putih berkisar di angka Rp 30.000. Ia menganggap mahalnya harga bawang putih karena impor dari China yang disetop sementara karena virus corona.
ADVERTISEMENT
Namun, saat ditanya operasi pasar yang dilakukan pemerintah, Santi mengaku tidak mengetahuinya. Ia malah penasaran dengan adanya stok yang dikirim ke pasar. Ia berharap pasokan itu membuat harganya menjadi normal kembali.
"Saya enggak tahu (tambahan stok), kan tadi ke (pasar) induk belanjanya, ke induk. Saya enggak kebagian, enggak denger (info). Besok masih ada nggak?" tanya Santi.
Pengiriman stok bawang putih dan cabai rawit merah sudah dilakukan di Toko Tani Indonesia Center yang tidak jauh dari Pasar Minggu. Selain harga bawang putih, cabai rawit merah juga masih mahal dengan menyentuh angka Rp 60 ribu.
Bergeser ke Pasar Mampang yang juga menjadi lokasi dikirimkannya stok bawang putih dan cabai rawit. Ternyata, di Pasar Mampang kondisinya juga tidak terlalu berbeda dengan di Pasar Minggu. Harga bawang putih masih tinggi yang berada di angka Rp 70 ribu. Sementara cabai rawit merah masih Rp 100 ribu.
ADVERTISEMENT