Mengulik Pasta Cabai Korea, Gochujang

KOREA CHOBO
KOREACHOBO, jawaban atas segala rasa penasaranmu tentang Korea!
Konten dari Pengguna
27 Maret 2017 23:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KOREA CHOBO tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengintip salah jenis pasta cabai kesukaan orang Korea.
(Photo: Maangchi)
ADVERTISEMENT
Penggemar drama Korea pasti tidak asing dengan pasta cabai yang ada pada makanan bibimbab. Sekilas seperti sambal Indonesia, pasta cabai khas Korea tersebut memiliki nama Gochujang. Gochujang sendiri merupakan salah satu jenis pasta cabai yang paling dicintai oleh orang Korea. Bagaimana tidak, sederet nama makanan khas Korea menggunakan pasta cabai yang satu ini.
Gochujang berasal dari kata Korea, Gochu sendiri dapat diartikan sebagai cabai. Pasta cabai Korea ini dibuat dengan bahan nasi atau gandum, tepung kue beras atau bubur nasi yang kemudian dicampur dengan fermentasi tepung kedelai, garam dan bubuk cabai.
Beberapa keluarga di Korea lebih memilih untuk membuat Gochujang sendiri. Gochujang punya rasa yang khas tergantung siapa yang membuat. Ini dapat terjadi karena rasa dari Gochujang sendiri ditentukan oleh keseimbangan rasa manis dari nasi,gandum, rasa dari pasta kedelai dan juga banyaknya bubuk cabai yang digunakan.
ADVERTISEMENT
Selain menjadi bumbu yang enak, rupanya pasta cabai yang satu ini juga mengandung berbagai nutrisi yang menguntungkan kesehatan tubuh manusia. Gochujang sendiri mengandung protein, lemak, vitamin B2, vitamin C, karotin dan lainnya. Gochujang juga mengandung Capsaicin yang dipercaya memiliki efek anti bakteri dan mencegah penyakit.
Lalu Gochujang sendiri dipercaya sudah ada sejak akhir abad ke 16 di masa Kerajaan Joseon. Resep yang sama masih digunakan sampai saat ini, menjadikan makanan Korea memiliki rasa yang unik dari hidangan negara lainnya. Hidangan yang dibuat dengan Gochujang antara lain, Bibimbab, Tteokboki dan Bibimguksu.
(Photo: eBay)
Nah jadi itulah sedikit kulikan tentang pasta cabai Korea Gochujang. Untuk informasi tentang Korea lainnya, nantikan terus di Koreachobo!
ADVERTISEMENT