4 Alasan Ceko Jadi Pilihan untuk Studi

SEVIMA
Sentra Vidya Utama (Sevima) adalah Education Technology yang berdiri sejak tahun 2.004, dengan komunitas dan pengguna platform yang tersebar di lebih dari 1.000 kampus se-Indonesia. Bersama kita revolusi pendidikan tinggi, #RevolutionizeEducation!
Konten dari Pengguna
13 Juni 2022 14:45 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari SEVIMA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Kuliah di luar negeri
zoom-in-whitePerbesar
Kuliah di luar negeri
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tak sedikit pelajar yang ingin melanjutkan studi keluar negeri. Negara-negara di Eropa seperti Ceko menjadi salah satu tujuan untuk melanjutkan studi mulai dari S1 hingga S3.
ADVERTISEMENT
Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Ceko, Kenssy Dwi Ekaningsih mengatakan pelajar asal Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan keluar negeri cukutp tinggi.
"Di Ceko memang tidak semua universitas memiliki rangking yang bagus, tetapi secara individual jurusan cukup bagus," kata Kensssy kepada SEVIMA, Senin (13/6/2022).
Berikut beberapa alasan Ceko menjadi pilihan bagi para pelajar berbagai negara untuk melanjutkan studinya.
1. Terdapat universitas tertua di dunia
Charles University merupakan salah satu universitas tertua di dunia, yang didirikan pada tahun 1348. Lebih menarik lagi di Charles University terdapat jurusan Bahasa Indonesia, yang jumlah mahasiswanya pun cukup banyak.
"Jadi tidak hanya pelajar dari Indonesia yang tertarik kuliah di Ceko, tetapi studen di Ceko juga tertarik dengan Indonesia," ucapnya.
ADVERTISEMENT
Kemudian ada juga Palacky University yang didirikan sekitar tahun 1500-an.
2. Biaya pendidikan dan hidup yang terjangkau
Kenssy menyebutkan Republik Ceko memang belum terdaftar dalam program Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pemerintah Indonesia. Namun biaya pendidikan di Republik Ceko tidak terlalu mahal, dibandingkan dengan negara-negara di Eropa lainnya.
Ia merinci untuk biaya pendidikan bidang social sience sekitar Rp10-20 juta per semester. Sementara bidang teknik mencapai Rp80 juta per semester. Sedangkan untuk biaya hidup antara Rp5-10 juta.
3. Negara yang aman untuk pelajar
Menurut Kenssy secara garis bersar melanjutkan kuliah ke Republik Ceko menjadi pilihan yang baik. Tercatat Republik Ceko menempati posisi ke delapan sebagai negara paling aman di dunia.
"Secara umum, garis besarnya kuliah di Ceko enak banget, karena keamanan hidupnya aman, mau kemana saja kapan saja aman, dan biaya hidup terjangkau," ucapnya.
ADVERTISEMENT
4. Ada peluang beasiswa
Kenssy menambahkan pemerintah Republik Ceko tidak memberikan beasiswa kepada pelajar asal Indonesia, karena hanya diberikan kepada negara berkembang seperti Kamboja, negara-negara di Afrika dan Asia Tengah.
Namun ada peluang pelajar Indonesia untuk bisa mendapatkan beasiswa jika ingin kuliah di Republik Ceko, seperti melalui jalur Erasmus. Cara lain yakni mengajukan beasiswa di universitas dengan program intern scholarship dengan menunjukan prestasi yang baik.
"Di sini (Ceko) banyak anak-anak kita (Indonesia) yang menggunakan jalur intern scholarship, umumnya untuk program master dan doktoral," ucapnya.