Penyuluhan Budidaya Alpukat untuk Menyukseskan Program Kalurahan Terong

KKN UMY 140 - 2022
Kebokuning, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Konten dari Pengguna
3 Maret 2022 13:22 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari KKN UMY 140 - 2022 tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ketua KKN 140 UMY bersama Dr. Ir. Widodo, M.P. dan Rudi Wiryawan, S.P. (Kredit foto: Selly Dayanti/KKN 140 UMY)
zoom-in-whitePerbesar
Ketua KKN 140 UMY bersama Dr. Ir. Widodo, M.P. dan Rudi Wiryawan, S.P. (Kredit foto: Selly Dayanti/KKN 140 UMY)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dlingo, Bantul – KKN 140 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyelenggarakan penyuluhan budidaya alpukat di Padukuhan Kebokuning, Kalurahan Terong. Penyuluhan tersebut berlangsung pada Kamis (03/02/2022) dengan melibatkan anggota Kelompok Wanita Tani (KWT). Kegiatan tersebut berfokus pada budidaya buah alpukat Aligator. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN 140 UMY mengundang Rudi Wiryawan, S.P., laboran agroteknologi UMY sebagai narasumber dengan didampingi oleh Dr. Ir. Widodo, M.P. selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
ADVERTISEMENT
Dr. Ir. Widodo, M.P. dalam sambutannya menuturkan bahwa alpukat Aligator tersebut sangat bernilai tinggi. Selain itu, Dr. Ir. Widodo, M.P juga menyampaikan harapan besar kedepannya bagi potensi wisata tanaman alpukat itu.
Pada kesempatan itu, Rudi Wiryawan, S.P. menyatakan optimismenya terhadap tumbuhnya alpukat Aligator.
“Jika melihat syarat kondisi tumbuhnya tanaman dan saya melihat banyak pekarangan rumah di sini ada pohon alpukat, maka mungkin alpukat Aligator ini juga cocok untuk tumbuh di wilayah Kebokuning.” ujarnya.
Rudi Wiryawan, S.P. menjelaskan tata cara penanaman kepada anggota KWT. (Kredit foto: Selly Dayanti/KKN 140 UMY)
Di akhir kegiatan, Rudi Wiryawan, S.P. melakukan demonstrasi tata cara penanaman bibit alpukat dengan disaksikan oleh anggota KWT. Usai demonstrasi tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian 50 bibit alpukat kepada semua anggota KWT yang hadir pada acara ini.
Ketua KKN 140 UMY menyerahkan bibit alpukat kepada anggota KWT. (Kredit foto: Selly Dayanti/KKN 140 UMY)
Pada kesempatan lain, sejumlah 30 bibit alpukat juga diberikan kepada anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kebokuning pada Selasa (08/02/2022). Sarbini, Ketua Gapoktan Kebokuning menyampaikan pesan dari Lurah kepada anggota Gapoktan.
ADVERTISEMENT
“Pak Lurah menyampaikan amanat bahwa beliau ingin menjadikan Kalurahan Terong sebagai “Desa Alpukat” sebab potensi buah alpukat kedepannya yang sangat menjanjikan. Sehingga, anggota Gapoktan kalau bisa menanam minimal dua pohon saja.” tuturnya.
Penyerahan bibit alpukat secara simbolis kepada Ketua Gapoktan Kebokuning. (Kredit foto: Judisthira Novant/KKN 140 UMY)
Dengan adanya penyuluhan dan pembagian bibit alpukat ini, diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kebokuning dan juga membantu menyukseskan program “Desa Alpukat” yang dicanangkan oleh Pemerintah Kalurahan Terong.