SDN 5 Singkep Pesisir Raih Sekolah Adiwiyata

Konten Media Partner
14 Desember 2019 16:09 WIB
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penyerahan anugerah Adiwiyata secara simbolis. Foto : Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Penyerahan anugerah Adiwiyata secara simbolis. Foto : Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sekolah Dasar Negeri (SDN) 005 Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga bersama dengan tiga sekolah lainnya di Provinsi Kepulauan berhasil meraih penghargaan Adiwiyata tahun 2019 dari Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan (PuslatmasPGL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Jumat (13/12).
ADVERTISEMENT
Keempat sekolah ini antaralain memperoleh Adiwiyata Nasional yakni SDN 001 Tanjungpinang Barat (Kota Tanjungpinang); SDN 005 Singkep Pesisir (Kabupaten Lingga); SMPN 1 Palmatak (Kabupaten Anambas). Sedangkan Adiwiyata Mandiri diterima oleh SMAN 1 Toapaya (Kabupaten Bintan)
Empat sekolah di Kepri ini berhasil meraih penghargaan Adiwiyata Nasional dan Adiwiyata Mandiri setelah melalui tahap seleksi yang panjang. Baik itu di tingkat Kabupaten dan tahap seleksi ditingkat Provinsi.
Salah satu guru SDN 005 Singkep Pesisir sebagai sekolah penerima Adiwiyata Nasional, Dewes mengaku prestasi tersebut tidak lepas dari kerjasama semua pihak di Sekolah, baik guru dan para murid.
"Kami dalam tahap seleksi nasional memang sudah menyatakan diri siap," ucapnya kepada kepripedia, Sabtu (14/12).
Disebutkannya, beberapa persiapan yang dilakukan diantaranya pembenahan icon sekolah dengan tanaman lidah buaya, yang diolah menjadi masker, sirup, agar-agar, wedang jahe hingga nuget. Hal ini kemudian menjadi andalan sekolah yang berada di pesisir pulau singkep ini untuk mendapat pengakuan sebagai sekolah yang mengedepan lingkungan yang nyaman dan asri.
ADVERTISEMENT
Tidak sampai disitu saja, Dewes menyebutkan untuk sampai seperti saat ini, SDN 005 Singkep Pesisir juga meningkatkan pembenahan taman sekolah, seperti kebun sekolah, toga, dan pembibitan yang ramah lingkungan.
"Mewakili SDN 005, kami bersyukur sekali, dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak yang telah turut serta membantu. Semoga menjadi motivasi bersama khususnya sekolah lain di Kabupaten Lingga," tutupnya.
Diketahui, empat sekolah di Kepri ini berhasil menerima penghargaan bergengsi tersebut bersama dengan 333 Sekolah peraih Adiwiyata Nasional dan 101 Sekolah peraih Adiwiyata Mandiri seluruh Indonesia di tahun 2019.
Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5 Tahun 2013 tentang pedoman pelaksanaan Program Adiwiyata, Gelar 'Sekolah Adiwiyata' diberikan untuk sekolah yang telah terverifikasi sebagai sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.
ADVERTISEMENT
Sekolah tersebut, dinilai sudah baik dan ideal sebagai tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan serta norma dan etika bagi siswa- siswinya.