Sah! UMKM di Kepri Sudah Dapat Ajukan Pinjaman Tanpa Bunga ke Bank Riau-Kepri

Konten Media Partner
16 September 2021 9:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Bank Riau Kepri. Foto: Google Image
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bank Riau Kepri. Foto: Google Image
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama PT Bank Riau Kepri resmi menyepakati perjanjian kerjasama terkait program pinjaman lunak tanpa bunga bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
ADVERTISEMENT
Dengan disepakatinya perjanjian kerjasama tersebut, maka UMKM di Kepri sudah bisa memanfaatkan program tersebut.
Pj Sekdaprov Kepri, Lamidi, menyampaikan apresiasi atas kontribusi yang telah diberikan oleh PT Bank Riau Kepri dalam menumbuh-kembangkan UMKM dengan sistem pemberian pinjaman lunak, atau tanpa bunga.
"Kerjasama yang baik ini, kami berharap dapat terus terjalin dalam rangka terwujudnya visi-misi Kepulauan Riau yang Makmur, berdaya saing dan berbudaya," ujarnya saat penandatanganan perjanjian kerjasama di Rupatama lantai 4 Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Rabu (15/9) kemarin.
Ia menerangkan, Pemprov Kepri berkomitmen dalam upaya penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada sebagai salah satu pilar pembangunan daerah. Sehingga, mampu membuka kesempatan kerja yang luas dan memiliki kontribusi yang besar dalam mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.
ADVERTISEMENT
Diharapkan, melalui pemberian bantuan subsidi bunga ini, mampu meringankan beban pelaku UMKM yang menjadi debitur. Sehingga dapat bertahan dalam kondisi sulit serta ke depan mampu tumbuh dan berkembang lebih baik lagi.
"Bantuan yang diberikan kepada UMKM, yang diwujudkan melalui subsidi bunga ini nantinya agar tidak disalah artikan oleh masyarakat," tutup Lamidi.
Lamidi menambahkan, pandemi COVID-19 menyebabkan penurunan aktivitas perekonomian serta daya beli masyarakat Kepri. Ditambah lagi dengan terganggunya arus distribusi barang dan pemutusan hubungan kerja di banyak perusahaan.
"Inilah salah satu strategi Gubernur Kepri dalam percepatan pemulihan ekonomi Kepulauan Riau, dengan mengambil kebijakan berupa pemberian jaring pengaman sosial dengan sasaran masyarakat dan pelaku UMKM yang berpotensi mengalami kerentanan sosial," lanjutnya.
Penandatanganan kerjasama Pemprov Kepri dan Bank Riau Kepri terkait program pinjaman lunak atau tanpa bunga untuk UMKM. Foto: Ismail/kepripedia.com
Sementara itu, Direktur Kredit Bank Riau Kepri, Tengku Irawan, mengatakan dalam melakukan sinergi yang diinisiatif oleh Gubernur Kepri yang memberikan relaksasi sebagai salah satu upaya dari program pemulihan ekonomi nasional diwilayah Provinsi Kepulauan Riau.
ADVERTISEMENT
"Ini memang menjadi salah satu kebijakan yang bisa meningkatkan peluang-peluang pertumbuhan usaha mikro yang memang berdampak nyata terhadap pelaku usah dari pendemi COVID-19," demikian Irawan.