Event Bintan KasmaRUN 2020, Ajak Peduli Sesama di Tengah Pandemi

Konten Media Partner
29 November 2020 13:24 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Event Bintan KasmaRun di Lagoi Bay. Foto (Istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
Event Bintan KasmaRun di Lagoi Bay. Foto (Istimewa)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Event tahunan Bintan KasmaRUN akan kembali diselenggarakan akhir tahun ini dan menjadi kegiatan olahraga pertama saat pandemi Covid-19. Rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2020 mendatang.
ADVERTISEMENT
Dengan filosofi life must go on ini lah yang menjadi landasan dari pengelola kawasan wisata Bintan Resorts menaja salah satu sport event tahunan di dalam kawasan wisata pantai ini.
Dengan tema “We Dare to Care” peserta berlari sepanjang 5 km untuk terus meningkatkan kepedulian kepada sesama dan lingkungan sekitar. Situasi sulit saat ini membutuhkan dukungan komunitas atau masyarakat yang solid, aman, sehat, dan tetap terhubung satu dengan yang lainnya.
Group General Manager (GGM) BRC, Abdul Wahab memastikan perhelatan ini akan berjalan sesuai dengan protokol kesehatan dan izin dari pihak terkait.
"Ajang kegiatan KasmaRUN menetapkan aturan-aturan sesuai protokol kesehatan mulai dari pendaftaran yang dilakukan secara online, pengambilan race kits atau perlengkapan, pelepasan di garis start lomba juga akan dilakukan secara bergelombang dengan jarak waktu lima menit satu dengan lainnya untuk menghindari kerumunan di satu tempat," ujar Wahab, Jumat, (27/11).
ADVERTISEMENT
Wahab menganggap keselamatan dan keamanan semua peserta dan penyelenggara adalah hal mutlak yang menjadi kunci perhatian pihak Bintan Resorts sebagai penyelenggara, agar KasmaRUN benar-benar memberikan contoh baik dalam penerapan protokol kesehatan dalam kegiatan wisata dan olahraga.
KasmaRUN edisi tahun 2020 ini akan tampil berbeda dari sebelumnya, dimana kali ini ada 2 kategori pelaksanaan yaitu; lari secara langsung di lokasi acara (physical running) dan lari di tempat masing-masing dengan konsep virtual run. Kedua kategori ini akan menempuh jarak yang sama yakni 5 KM, dan akan dilakukan di hari yang sama pula, dengan jumlah peserta yang dibatasi.
Event Bintan KasmaRun 2020 dengan Tema We Dare To Care. (Foto: IStimewa).
Untuk physical run, lomba akan dimulai pada pukul 16.00 WIB di Plaza Lagoi Bay, sedangkan untuk peserta yang berpartisipasi pada virtual run boleh memulai dari jam 00.00 WIB hingga batas waktu lari ditutup pada jam 18.00 WIB.
ADVERTISEMENT
"Ini merupakan salah satu kondisi yang harus dilakukan sejalan dengan protokol kesehatan. Hal menarik bagi peserta tentunya adalah bahwa setiap peserta akan mendapatkan T-Shirt, medali, masker serta bib number (nomor peserta) yang menambah semarak dan keceriaan ajang KamaRUN 2020 nanti di Lagoi Bay, Bintan Resorts." kata Wahab.
Senada dengan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bintan, Wan Rudy Iskandar menjelaskan, nantinya KasmaRUN akan terbagi 2. Pertama, berlari secara online dengan menggunakan aplikasi di luar Lagoi dan yang kedua di dalam Lagoi. Target 300 peserta untuk Virtual Run, sedangkan Physical Run dibatasi hanya untuk 150 orang peserta.
Ketentuan saat berlari sudah sangat diatur. Misalnya setiap peserta harus jaga jarak 1-2 meter dari pelari lain. Memakai masker saat melewati orang lain dan mencuci tangan atau membawa pembersih tangan sendiri.
ADVERTISEMENT
"Pelepasannya lima puluh orang per shift, sesuai protokol kesehatan jadi tidak ada kerumunan." jelas Wan Rudy.