Gontor 7 Gandeng Media Tanamkan Budaya Menulis bagi Santri

Konten Media Partner
8 Mei 2019 22:04 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Founder kendarinesiaid saat berikan materi pada seminar jurnalistik di Gontor 7, Foto: Dok. kendarinesiaid
zoom-in-whitePerbesar
Founder kendarinesiaid saat berikan materi pada seminar jurnalistik di Gontor 7, Foto: Dok. kendarinesiaid
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (PMDG) Kampus 7 tetap melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar di bulan suci Ramadhan, meski para santri sedang menjalankan ibadah puasa.
ADVERTISEMENT
Namun, proses pendidikan lebih pada mengedepankan pendidikan karakter. Proses belajar mengajarnya pun lebih banyak dilakukan diluar kelas, beragam kegiatan yang sudah dirancang oleh pihak pesantren untuk mengisi bulan yang penuh barokah bagi umat Muslim ini.
Santri Gontor 7 saat menyimak pemaparan dari materi seminar jurnalistik, Foto: Dok. kendarinesiaid
Salah satu kegiatannya selama puasa adalah menggelar seminar Jurnalistik bagi para santrinya di PMDG Kampus 7 pada Senin (6/5). Kali ini tim kendarinesiaid sebagai partner resmi kumparan diberikan kesempatan oleh Gontor 7 untuk membawakan materi-materi dasar kejurnalistikan.
Fadhil Attamimi selaku Founder kendarinesiaid didapuk menjadi pembicara dihadapan ratusan santri Gontor. Dalam seminar, pria asal Konawe ini banyak menjelaskan bagaimana kerja seorang jurnalis dalam mengolah sebuah informasi menjadi berita, sehingga layak dikonsumsi masyarakat.
"Bagaimana kerja-kerja jurnalis, bagaimana membuat berita yang baik, apa saja yang harus dilakukan. Sebenarnya lebih kepada ilmu jurnalistik dasar," ucapnya.
Seminar yang digelar di BPPM Gontor 7 Kendari, Foto: Dok. kendarinesiaid
Selain itu, pria yang dipercaya menjadi partner resminya di Sulawesi Tenggara ini, memperkenalan bagaimana kumparan dalam mengusung platform kolaboratif dan interaktif yang dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini tanpa meninggalkan kredibilitas, dan memegang teguh etika jurnalisme.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Ketua Panitia Bulan Ramadhan di Gontor 7, Ustadz Prayitno saat membuka kegiatan mengatakan, seminar ini merupakan cara Gontor mengisi kegiatan Ramadhan untuk para santri, dan bagaimana menanamkan kepada santri untuk memiliki kemampuan dan budaya menulis yang baik.
"Kita isi kegiatan hari pertama Ramadhan ini yang bermanfaat, dengan ilmu jurnalistik kami harapkan santri mencintai dan memiliki kemampuan untuk menulis yang baik," pungkasnya.
Selain kegiatan seminar jurnalistik, kegiatan lainnya untuk para santri Gontor selama di pondok sebelum akhirnya libur datang yang biasa jatuh pada 15 Ramadhan, santri akan diisi dengan berbagai kegiatan pelatihan diantaranya cara mengurus Jenazah, Budidaya pengembangan jamur tiram, serta kegiatan olah raga Gontor Seven Cup.
Seperti diketahui, Gontor 7 yang terletak di Desa Pudahoa, Kecamatan Landono, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara ini merupakan pondok cabang dari Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang bertempat di Ponorogo, Jawa Timur.
Santri sedang mengaji di masjid Jami Gontor Kampus 7, Foto: Dok. Gontor
Acara buka puasa bersama santri dan para Asatidz di Gontor Kampus 7, Foto: Dok. Gontor
Santri Gontor Kampus 7 sedang berolahraga sore sebagai kegiatan ekstrakulikuler, Foto: Dok. Gontor
---
ADVERTISEMENT
Story ini perupakan kerjasama Gontor 7 dan kendarinesiaid