5 Cara Mengobati Mata Merah dengan Langkah Sederhana

Konten Media Partner
26 Agustus 2022 12:16 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bagaimana cara mengobati mata merah? Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bagaimana cara mengobati mata merah? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mata merah adalah kondisi yang terjadi karena iritasi dan infeksi pada mata. Gangguan mata merah ini menyebabkan kesulitan untuk beraktivitas seperti biasanya. Ada beberapa cara mengobati mata merah yang dapat dilakukan sehari-harinya.
ADVERTISEMENT
Cara meredakan mata merah bisa dilakukan dengan berbagai langkah mudah. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai komplikasi, seperti pembengkakan dan gangguan.

Cara Mengobati Mata Merah

Menurut laman Healthline, mata merah muncul karena beberapa sebab, seperti iritasi, reaksi alergi, dan cedera ringan yang menyebabkan pembengkakan pembuluh kecil pada mata. Tidak hanya itu, mata merah juga bisa disebabkan oleh penggunaan ponsel atau teknologi lain yang memancarkan cahaya biru.
Menurut sebuah penelitian, cahaya biru tersebut berpotensi menyebabkan degenerasi makula atau rusaknya retina. Mata merah karena pancaran cahaya biru ini yang memungkinkan penglihatan seseorang menjadi terganggu.
Lantas, bagaimana cara mengobati mata merah? Menyadur dari berbagai Medical News Today, berikut beberapa langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT

1. Menggunakan obat tetes mata

Penggunaan obat tetes mata menjadi salah satu cara untuk mengobati mata merah yang paling sering dilakukan. Selain pemakaian yang mudah digunakan, obat tetes mata juga bisa meredakan iritasi dan mengurangi timbulnya alergi.
Menurut laman Wolters Kluwer Medicine, manfaat obat tetes mata berasal dari kandungan sodium hyaluronate dan polyethylene glycol dapat meredakan gejala mata kering dan memberikan efek klinis terbaik.
Rekomendasi obat tetes mata yang mungkin bisa membantu mengurangi gejala adalah Y-rins, Rohto Cool, Rohto Eye Flush, dan Insto Regular.
Mengompres mata jadi salah satu cara mengobati mata merah. Foto: Unsplash

2. Mengompres mata

Mengompres mata dengan menggunakan air dingin dan hangat bisa menjadi langkah alternatif untuk menyembuhkan mata merah. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengompres mata.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengompres mata untuk menyembuhkan kondisi mata merah bisa dilakukan setiap harinya. Namun, jangan lupa untuk selalu menggunakan kain yang bersih, agar terhindar dari infeksi.

3. Tidak menggaruk mata

Pada beberapa kasus, mata merah memang sering menyebabkan sensasi gatal. Padahal, kondisi ini tidak boleh dilakukan, meskipun tidak nyaman sekalipun.
Menggaruk mata dapat memungkinkan masuknya kembali bakteri yang memicu semakin parahnya infeksi mata merah tersebut.

4. Hindari pemakaian lensa kontak

Lensa kontak atau softlens yang digunakan ketika mata mengalami kemerahan dapat menyebabkan bahaya lain, seperti pembengkakan dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, pastikan agar mata tidak menggunakan lensa kontak ketika sedang mengalami iritasi. Daripada memakai softlens, pemakaian kacamata lebih disarankan.

5. Menjaga kebersihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mata merah kerap disebabkan oleh masuknya infeksi dan bakteri yang tidak disadari. Oleh karena itu, langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati mata merah adalah menjaga kebersihan tangan.
ADVERTISEMENT
Artinya, usahakan untuk tidak menyentuh, memegang, atau menggosok barang-barang secara sembarangan. Apabila sudah terlanjur menyentuh barang-barang tersebut, pengidap bisa menyiasati dengan mencuci tangan sebelum menyentuh mata, wajah, hingga rambut.

Penyebab Mata Merah

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa mata merah yang dialami oleh beberapa orang terjadi karena adanya infeksi atau iritasi akibat dari bakteri, masuknya debu, ataupun paparan sinar matahari. Namun ternyata tidak hanya itu, ada beberapa penyebab lainnya yang jarang disadari.
Ada beberapa gangguan kesehatan mata yang dapat menyebabkan mata merah. Dikutip dari Healthline, berikut uraian lengkapnya.

1. Konjungtivitis

Konjungtiva adalah selaput bening yang melindungi bagian putih mata. Apabila terjadi konjungtivitis atau peradangan pada konjungtiva, pembuluh darah di sekitarnya mengalami pelebaran, sehingga mata menjadi merah.
ADVERTISEMENT

2. Glaukoma akut

Glaukoma adalah kerusakan pada saraf mata yang terjadi karena terjadi tekanan di dalam bola mata. Tekanan tersebut yang pada akhirnya memicu terjadinya mata merah. Tidak hanya itu, glaukoma juga bisa menyebabkan nyeri mata, sakit kepala, mual, dan lain sebagainya.

3. Malposisi kelopak mata

Kelainan malposisi yang terjadi pada kelopak mata menyebabkan munculnya gangguan di permukaan bola mata. Pada kasus ini, kelopak mata terlipat ke arah dalam, sehingga bulu mata dapat menggores bola mata dan kornea. Jika kondisi mata tidak membaik, sebaiknya periksakan kondisi tersebut kepada dokter.
Artikel ini telah direview oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.
(JA)