Musim Hujan Telah Tiba, Berikut 5 Tips Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Konten Media Partner
5 Maret 2020 14:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Terapkan 5 tips berikut ini agar tubuh tetap sehat dan fit saat memasuki musim hujan | Photo by Pexels/Chris Kane
zoom-in-whitePerbesar
Terapkan 5 tips berikut ini agar tubuh tetap sehat dan fit saat memasuki musim hujan | Photo by Pexels/Chris Kane
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagian wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan, termasuk Kota Tepian atau Samarinda. Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap fit.
ADVERTISEMENT
Humas RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, dr Arysia Andhina, mengatakan bahwa seiring memasuki musim hujan, biasanya akan menimbulkan berbagai penyakit musiman yang dapat menyerang masyarakat jika tidak diantisipasi dengan baik dan tepat. Perubahan cuacara dari panas ke musim hujan dapat menimbulkan penyakit seperti flu, pilek, masuk angin, demam, diare dan lainnya. Penyakit-penyakit tersebut kerap terjadi karena daya tahan tubuh yang mulai melemah.
“Jadi supaya daya tubuh tidak lemah, banyak-banyak minum air mineral, makan buah-buahan, dan konsumsi multivitamin yang cukup,” jelasnya kepada Karja pada Kamis (05/03).
Humas RSUD Abdul Wahab Sjahranie, Samarinda, dr Arysia Andhina | Photo by Karja/Titiantoro
Tak hanya itu, dr Arysia juga memberitahukan kepada masyarakat agar harus menjaga kebersihan yang cukup ekstra, seperti memastikan menggunakan air bersih, baik digunakan untuk konsumsi ataupun mandi. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus atau bakteri.
ADVERTISEMENT
“Jadi kalau sudah masuk musim seperti ini, biasanya kondisi air itu kotor dan terdapat di saluran air dan tempat lainnya. Jadi kita harus rajin-rajin membersihkan bak kamar mandi dan penampungan air. Karena jika tidak sering dibersihkan, bakteri-bakteri yang ada akan berkembang biak, mencegah supaya tidak terjadinya penyakit demam berdarah (DBD),” tambahnya.
Untuk mengantisipasi timbulnya penyakit yang kerap muncul di musim hujan seperti flu, pilek, masuk angin, demam, dan diare, maka daya tahan tubuh harus ditingkatkan. Sebenarnya, menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan tidaklah sulit, Sobat! Berikut 5 cara yang bisa diterapkan agar tubuh tetap sehat saat memasuki musim hujan.
1. Cuci Tangan
Rutin mencuci tangan | Photo by Pexels/Burst
Untuk menghindari tubur agar tidak terserang dari penyakit flu, pilek serta batuk, sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai beraktivitas. Gosokkan sabun ke sela-sela jari tangan, telapak tangan, dan punggung tangan. Setelah itu keringkan dengan handuk setelah dibilas.
ADVERTISEMENT
2. Minum Air Mineral
Minum air mineral | Photo by Pexels/Daria Shetsova
Saat musim hujan seperti ini, kita harus tetap menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sehingga sistem imun tetap terjaga. Minumlah air mineral minimal 2 liter sehari, dan lebih disarankan air hangat. Seperti dilansir dari Medical News Today, air hangat dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat perut tidak kembung.
3. Hindari makanan seperti gorengan atau junkfood
Hindari makanan seperti gorengan atau junkfood | Photo by Pexels/Caleb Oquendo
Sangat penting untuk menghindari makanan gorengan atau berminyak, seperti pisang goreng, ote-ote atau bakwan sayur, tempe mendoan, tahu isi, dan sejenisnya. Mungkin gorengan sangat menggoda, apalagi di makan beramai-ramai sambil berkumpul dengan teman. Akan tetapi, kita justru harus menghindarinya.
Makanan yang dijual di pinggir jalan dan dalam tempat terbuka lebih rentan terkontaminasi oleh debu, kotoran dan bakteri. Sehingga sebaiknya, jangan dulu menyantap gorengan demi menjaga kesehatan tubuh.
ADVERTISEMENT
4. Perbanyak makan-makanan berserat
Perbanyak makan-makanan berserat | Photo by Pexels/Trang Doan
Agar tubuh tidak gampang terkena penyakit, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang berserat. Makanan tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh untuk melancarkan pencernaan, kesehatan jantung, dan kesehatan kulit.
Kita dapat mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung serat, di antaranya adalah selada, lobak, wortel, bayam, jamur, labu, kentang, brokoli, dan kacang panjang. Sementara buah-buahan yang mengandung banyak serat antara lain adalah buah jeruk, apel, pisang, buah pir, mangga, sukun, srikaya, buah beri, dan buah ara.
5. Perbanyak vitamin C
Perbanyak vitamin C | Photo by Pexels/PhotoMIX Ltd.
Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk daya tahan tubuh. Perbanyak asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, jambu biji, stroberi, brokoli juga pepaya. Mencukupi kebutuhan vitamin C akan menjaga tubuh tetap sehat di musim hujan.
ADVERTISEMENT
Stay healthy, guys! (Titiantoro)
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!