Listrik Gratis Diperpanjang Hingga Bulan September 2020

Konten Media Partner
22 Mei 2020 9:39 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi gardu listrik | Photo from Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gardu listrik | Photo from Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pemerintah Indonesia kembali memperpanjang subsidi listrik gratis untuk golongan 450 volt Ampere (VA) dan memberikan diskon 50% untuk kepada golongan 900 VA. Kebijakan tersebut diambil untuk mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Pada kebijakan sebelumnya, pemerintah telah memberikan waktu tiga bulan terhitung sejak April-Juni 2020.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, merincikan pengguna listtik untuk 450 VA akan diberikan kepada 24 juta rumah tangga. Sedangkan untuk 900 VA diberikan kepada 7,2 juta rumah tangga. Adapun total anggaran sebanyak Rp 61,4 triliun.
Atas kebijakan tersebut, wartawan Karja menghubungi pihak Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan, Wulan Firani, yang mengatakan telah mendengar kebijakan tersebut dari pusat.
“Kebijakan sebelumnya juga telah kita dukung, jika memang diperpanjang PLN Samarinda siap menjalankan kebijakan tersebut. Tapi untuk press realesnya belum ada,” katanya, Rabu (19/5/2020) kemarin.
Wulan juga menjelaskan, kebijakan subsidi listrik gratis diperuntukan kepada pelanggan 450 VA dan 900 VA. Namun untuk yang 900 VA tidak semuanya mendapatkan diskon 50%.
ADVERTISEMENT
“Untuk bisnis dan industri rumah tangga ini kan masuk dalam golongan mendapat subsidi, tetapi untuk yang 900 VA itu dia ada kode khusus untuk mendapatkan diskon. Jadi tidak semuanya,” terangnya.
Ilustrasi listrik | Photo from Pexels
Hal tersebut dikarenakan menjadi salah satu cara untuk menjaga konsumsi masyarakat terkait pemberian subsidi kepada masayrakat miskin dan rentan miskin. Untuk di Kota Samarinda sendiri pelanggan PLN UP3 Samarinda yang mendapatkan stimulus COVID-19 sebanyak 89 ribu pelanggan dan sekitar Rp 4,9 M setiap bulannya.
“Pemakaian listrik rumah tangga di Samarinda naik 6% dari bulan lalu,” ucapnya.
Dihubungi terpisah, Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Timur (UP2K Kaltim), juga membenarkan adanya kabar tersebut, namun pihaknya belum mendapatkan press release dari pemerintah pusat, terkait perpanjangan listrik gratis hingga bulan September.
ADVERTISEMENT
“Kami belum menerima press release-nya, masih menunggu,” kata Rahmatan.
Rahmatan juga menanggapi bahwa pihaknya akan mendukung kebijakan dari pemerintah untuk membantu masyarakat di tengah pandemi yang belum kunjung usai.
“Seperti 3 bulan kemarin kita dukung. Dan untuk bisnis dan industri rumah tangga yang dayanya kecil saja,” tuturnya.
Sementara itu, untuk listrik 900 VA yang mendapatkan diskon 50% terdapat kode tersendiri, kode tersebut berada di nomor rekening listrik masing-masing pelanggan.
“Jadi yang 900 VA itu ada kodenya, kodenya itu di nomor rekening. Yang pakai kode M dan yang tidak ada kodenya berarti tidak mendapatkan potongan,” pungkasnya.