Belajar dari Mantan CEO 81 Tahun yang Banting Setir Menjadi Sales

Konten Media Partner
24 Januari 2020 10:51 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Palakorn (kiri) bersama Pracha (kanan) | Photo from Facebook/พลากร เทศนำ
zoom-in-whitePerbesar
Palakorn (kiri) bersama Pracha (kanan) | Photo from Facebook/พลากร เทศนำ
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebuah kisah viral yang patut menjadi pelajaran berharga bagi kita semua, terjadi di Thailand. Pracha, seorang kakek telah berusia 81 tahun, masih berjuang untuk bekerja menjadi seorang sales pada sebuah pusat perbelanjaan di Thailand.
ADVERTISEMENT
Menariknya, Pracha dulunya merupakan CEO (Chief Executive Officer) atau direktur utama sebuah perusahaan yang membawahi kurang lebih 200 orang pekerja.
Kisah haru ini dibagikan oleh Phlākr theṣ̄ nả (Palakorn) dalam laman Facebook-nya. Palakorn menceritakan bahwa ketika dirinya berbelanja di sebuah mall dekat rumahnya, ia dihampiri oleh seorang laki tua (Pracha) dan menanyakan kepada Palakorn apakah ia (Palakorn) membutuhkan kereta belanja.
Palakorn pun mengajak Pracha mengobrol untuk sekedar bertanya mengapa di usia yang sudah sangat tua Pracha masih bekerja. Pracha menjawabnya bahwa dirinya membutuhkan uang untuk makan.
"Saya bekerja setiap hari dari jam sembilan pagi hingga tujuh malam", ujarnya.
Dulunya merupakan CEO yang membawahi 200 orang karyawan
Pracha (kanan) | Photo from Facebook/พลากร เทศนำ
Dalam percakapan mereka, diketahui bahwa Pracha dulunya menjalani bisnis kontraktor di galangan kapal dan memiliki kurang lebih 200 orang karyawan.
ADVERTISEMENT
Pracha juga menambahkan dulu dia memiliki banyak teman. Ketika bisnisnya jatuh, mereka pergi. Pracha mengatakan pula dia tidak memiliki teman sejati, hanya memiliki teman di masa lalu.
Saat ini, Pracha menikmati kehidupannya dengan memiliki tugas merawat dan menjual mangkok yang ada di hadapannya ketika sedang mengobrol dengan Palakorn. Ia mengerjakan semuanya secara sepenuh hati dan selalu melakukan yang terbaik.
Pracha (kanan) | Photo from Facebook/พลากร เทศนำ
Dirinya juga suka mengobrol dengan orang-orang untuk saling bertukar pikiran dan belajar tentang kehidupan.
Pracha juga memberiakn pesan bijaksana kepada Palakorn, begini bunyinya :
ADVERTISEMENT
Postingan Palakorn tentang kakek 81 tahun mantan CEO yang bekerja menjadi seorang sales ini telah memperoleh 9,8 ribu likes dan 5,4 ribu shares.

Pelajaran penting dari kisah ini

Kisah diatas menjadi pelajaran berharga dan tamparan untuk kita anak muda. Diluar sana, banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah dari kita dan terus berjuang sampai akhir.
Apakah kita yang masih muda, energik, stamina fit, masih terus mengeluh dan menyalahkan keadaan? Jangan buat diri kita jadi kaum rebahan, tapi push diri kita untuk menjadi pribadi yang produktif, berkarya, dan berdampak positif bagi sekitar.
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (@karjaid) dan klik tombol 'IKUTI' di kumparan.com/karjaid untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!
ADVERTISEMENT