5 Cara agar Kamu Tidak Terlalu Kepikiran soal Omongan Orang Lain

Konten Media Partner
17 April 2020 12:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Cara untuk berhenti memperdulikan pikiran dan omongan orang lain | Photo by Pexels/Radu Florin
zoom-in-whitePerbesar
Cara untuk berhenti memperdulikan pikiran dan omongan orang lain | Photo by Pexels/Radu Florin
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Karja - Sebagai manusia, tak jarang kita selalu memperhatikan apa yang menjadi pikiran orang lain mengenai kepribadian kita, penampilan, ataupun hasil kerja. Bahkan tak jarang jika kita sendiri pun suka meminta pendapat pada orang mengenai apa yang mereka pikirkan tentang kita.
ADVERTISEMENT
Memang kadang penilaian dari orang lain itu perlu untuk meningkatkan kapasitas diri. Namun jika kalian terlalu peduli pada apa yang dipikirkan orang lain mengenai diri kalian, maka hal tersebut nantinya akan menjadi tidak baik. Apalagi jika perkataan dan pemikiran orang lain tersebut membuat kalian semakin merasa buruk terhadap diri sendiri.
Melansir dari Life Hack, berikut tips untuk berhenti peduli pada apa yang dipikirkan oleh orang lain tentang kita, terutama jika hal tersebut membuat kita merasa tak nyaman dan fokus pada kepentingan diri sendiri. Check it out!

1. Apa yang orang pikirkan tentang kalian adalah refleksi mereka dan bukan kalian

Apa yang orang pikirkan tentang kalian adalah refleksi mereka dan bukan kalian | Photo by Pexels/fauxels
Ketika kalian menerima kritik negatif dari seseorang dan kritik tersebut mulai mengganggu kenyamanan kalian, maka kalian wajib mengingat hal ini: apa yang orang pikirkan sebagian besar adalah refleksi dari diri mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
Jadi ketika mereka mengatakan banyak hal negatif tentang kalian, biasanya tanpa sadar mereka akan lebih banyak mengatakan mengenai diri mereka sendiri daripada kebenaran tentang kalian.

2. Kalian tidak bisa memuaskan semua orang

Kalian tidak bisa memuaskan semua orang | Photo by Pexels/Athena
Setiap orang memiliki keinginan yang berbeda-beda, begitu pula dengan pendapat seseorang mengenai kalian. Jika kalian menerima kritik atau perkataan yang mungkin menyakitkan hati, maka kalian tidak perlu berkecil hati dan bersedih.
Kalian tidak akan pernah bisa memuaskan setiap keinginan orang lain dengan menjadi seperti apa yang mereka katakan. Contohnya saja artis ternama yang tidak memiliki pemberitaan negatif sekalipun, mereka pasti akan tetap memiliki haters.

3. Jadi diri sendiri

Jadi diri sendiri | Photo by Pexels/fauxels
Jadilah diri kalian sendiri tanpa perlu mengambil pusing dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Dengan menunjukkan jati diri kalian yang sebenarnya dan menjadi diri sendiri, kalian akan merasa lebih nyaman dengan hal tersebut.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dengan menjadi diri kalian sendiri, mungkin memang kalian akan dijauhi atau dihindari oleh teman-teman lama, namun kalian juga pasti akan menemukan teman baru yang menerima diri kalian seutuhnya.

4. Apakah orang lain memperhatikan kalian seutuhnya?

Apakah orang lain memperhatikan kalian seutuhnya? | Photo by Pexels/fauxels
Kita sebagai manusia tercipta sebagai sosok yang egois; hanya karena hal sepintas yang terlihat di mata mereka lantas mereka membuat penghakiman tentang kita. Karena itu, jangan biarkan pemikiran orang yang tidak mengetahui kehidupan kalian dengan seutuhnya jadi mempengaruhi kehidupan pribadi kalian.

5. Fokus pada tujuan hidup

Fokus pada tujuan hidup | Photo by Pexels/Andrea Piacquadio
Fokuslah pada apa yang menjadi tujuan hidup kalian dan berhenti mendengar perkataan yang keluar dari mereka yang bukan siapa-siapa bagi kalian. Mendengar perkataan orang lain yang tidak membangun nantinya akan membuat kalian melenceng dalam meraih tujuan yang telah kalian tetapkan selama ini.
ADVERTISEMENT
#terusberkarya
Jangan lupa follow Karja di Instagram (klik di sini) dan klik tombol 'IKUTI' (klik di sini) untuk mendukung dan mengikuti konten menarik seputar entrepreneurship, kisah inspiratif, karya anak bangsa, dan isu sosial seputar milenial ya, Sobat!