Jokowi Kunjungi Kampung Bola Internasional di Badung, Bali

Konten Media Partner
17 Mei 2019 16:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Presiden Joko Widodo saat berada di Desa Kutuh, Badung , Jum'at (17/5) - kanalbali/KAD)
zoom-in-whitePerbesar
Presiden Joko Widodo saat berada di Desa Kutuh, Badung , Jum'at (17/5) - kanalbali/KAD)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BADUNG, kanalbali.com - Memulai kunjungannya ke Bali, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Kampung Bola International di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (17/5) sore.
ADVERTISEMENT
Jokowi tertarik karena lapangan bertaraf internasional dibiayai dengan dana desa. "Ini yang merupakan salah satu contoh yang berhasil betul memanfaatkan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat," katanya mengenai lapangan yang bersebelahan dengan fasilitas paralayang itu
"Di desa ini konsentrasinya sport tourisme. Misalnya menyewakan lapangan bola untuk latihan, untuk kompetisi internasional, untuk paralayang yang setahun bisa menghasilkan Rp 800 juta. Sehingga desa sendiri memiliki revenue per tahun Rp 50 miliar. Coba bayangkan," ujar Jokowi.
Jokowi bersama para atlet Paralayang (IST)
Lapangan ini diperkirakan total luas dengan bangunan lainnya sekitar 16 hektar. Sementara, untuk biyaya pembangunan lapangan bola dan rumput menggunakan dana desa mencapai Rp 780 juta dan Rp 5 miliar yang diambil dari laba Badan Usaha Milik Desa (Bumda) untuk keseluruhan pembangunan di sekitar Kampung Bola International.
ADVERTISEMENT
Dia menegaskan, dana desa itu bisa men-trigger ekonomi, sehingga masyarakat bisa benar-benar merasakan manfaatnya. Pembangunan seperti ini , menurutnya, bisa di copy di tempat-tempat lain seperti Sumatera dan Jawa yang memiliki kemiripan.
Kampung Bola International, kata dia, adalah sebuah keberhasilan manajemen pengelolaan dana desa untuk kemanfaatan masyarakat. Kendati, saat ini masih konsentrasi dalam pembangunan. (kanalbali/KAD)