2409 KPK demo.jpg

Hari Ini Aktivis dan Mahasiswa Bali Bergerak Protes RUKHP

24 September 2019 8:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Hari Ini Aktivis dan Mahasiswa Bali Bergerak Protes RUKHP
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
DENPASAR, Kanalbali - Viral poster aksi gerakan mahasiswa Bali protes pemerintah tersebar di sosial media. Poster itu bertuliskan ‘Bali Tidak Diam,’ dan beberapa poster lainnya yang menyeru untuk berkumpul di parkir timur lapangan Bajra Sandhi Renon Denpasar.
ADVERTISEMENT
Rencananya, aksi tersebut bakal digelar Siang ini (24/9). Aksi digelar menyusul gerakan mahasiswa dengan tuntutan serupa di sejumlah daerah."#Balitidakdiam tersebut artinya kita ikut berteriak bersama sama teman teman kita yang sedang melakukan aksi di pusat dan di berbagai macam daerah lainnya di Indonesia, dan menunjukkan kepedulian kita terhadap isu yang ada, yang saat ini bisa dikatakan sudah memprihatinkan," ungkap Arya Raditya dari BEM PM Universitas Udayana saat acara konsolidasi sebelum aksi malam tadi (23/9), di areal parkir FISIP Unud.
Aksi itu sebagai bentuk pernyataan sikap atas isu yang berkembang saat ini. Di antaranya menolak pengesahan UU KPK, RKUHP, Isu Papua, dan masalah kebakaran hutan yang hingga saat ini belum bisa terselesaikan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan rilis yang diterima Kanalbali pagi ini, ada beberapa poin tuntutan yang akan disampaikan pada aksi yang diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 1000 orang tersebut, diantaranya adalah mengajak seluruh akademisi dan masyarakat untuk menuntut keseriusan pemerintah dalam menyelesaikan krisis di Papua dengan cara-cara yang manusiawi.
Berikutnya, mendesak Presiden RI Joko Widodo untuk segera mengeluarkan Perppu terhadap RUU KPK. Serta mendorong pemerintah dan DPR RI untuk mengkaji ulang pasal-pasal yang kontroversial dan bertentangan dengan recht idea bangsa Indonesia.
Terakhir, menuntut pemerintah agar menindak tegas para pihak yang bertanggung jawab atas terjadinya kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan.
Selain akan dihadiri lebih dari 1000 orang, aksi tersebut direncanakan akan mengelilingi Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar sembari berorasi disejumlah titik seperti di depan monumen Bajra Sandhi, depan DPRD Bali dan beberapa tempat lain, sebelum akhirnya peserta Aksi akan kembali ke titik awal kumpul.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, aksi serupa juga terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Di Yogyakarta misalnya, Mahasiswa dari berbagai kampus yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Bergerak akan menyampaikan aspirasinya di Jalan Gejayan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Tidak hanya di Yogyakarta, beberapa daerah lain seperti Malang, Jawa Barat juga menggelar aksi serupa.
Bahkan, di Pusat, Aksi menolak revisi UU KPK dan RKHUP telah dilakukan di Senayan. Setelah itu, mereka berencana akan membuat demo yang lebih besar pada Selasa Hari ini (24/9) di depan gedung DPR, Senayan. demo akan dihadiri oleh 5 ribu mahasiswa yang berasal dari 40 universitas di seluruh Indonesia. Dan Beberapa perwakilan dari Universitas yang ada di Bali juga ikut hadir untuk menjadi bagian dari aksi tersebut (kanalbali/KR13)
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten