Strategi Pemasaran: Faktor Utama dan Jenis-Jenisnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
25 Oktober 2021 11:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi rapat strategi pemasaran. Foto: Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rapat strategi pemasaran. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kunci kesuksesan sebuah bisnis adalah strategi pemasaran yang tepat. Dengan adanya siasat tersebut, suatu bisnis akan lebih terfokus dan memiliki tujuan yang jelas ke depannya.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Manajemen Pemasaran yang ditulis oleh Farida Yulianti dan Lamsah, strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan tentang biaya, bauran, dan alokasi pemasaran. Hal itu berhubungan dengan lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan.
Pemasaran sendiri memiliki arti sebagai suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang-barang. Tujuannya agar dapat memenuhi keinginan dan mencapai pasar maupun target perusahaan.
Secara umum, tujuan pemasaran adalah untuk mengembangkan arahan, kualifikasi, penjualan produk, dan memelihara hubungan dengan pelanggan. Hal lainnya, untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan serta keinginan pelanggan sesuai sasaran perusahaan.
Adapun konsep-konsep inti dari pemasaran meliputi kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.
ADVERTISEMENT
Strategi pemasaran yang tepat dapat membantu perusahaan mengidentifikasi pelanggan terbaik. Termasuk dalam hal mengakomodasi konsumen.
Strategi pemasaran juga harus sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Tujuannya untuk mengenalkan perusahaan maupun produk yang dihasilkan kepada konsumen. Dengan sendirinya, pelanggan akan mengingat perusahaan ketika ingin berbelanja produk tersebut.
Dalam pemasaran, kelompok-kelompok yang berhubungan mencakup gabungan organisasi yang melaksanakan pemasaran, target pasar, produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan, perantara seperti grosir, dan kendala lingkungan.
Ilustrasi merumuskan strategi pemasaran. Foto: Unsplash.com

Tiga Faktor Utama Strategi Pemasaran

Dalam strategi pemasaran, terdapat tiga faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan, antara lain sebagai berikut:
1. Daur hidup produk
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap kemunduran.
ADVERTISEMENT
2. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan. Apakah pesaing memimpin, menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
Dengan adanya pengetahuan mengenai pesaing perusahaan, pelaku bisnis dapat membuat strategi pemasaran yang lebih efektif. Misalnya, membuat inovasi produk baru sehingga menjadi ciri khas tersendiri di pasar.
3. Situasi ekonomi
Strategi pemasaran harus disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan ke depan. Pebisnis dapat melihat apakah ekonomi berada dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
Dengan begitu, strategi pemasaran perusahaan dapat menyesuaikan situasi ekonomi. Misalnya, mengganti bahan-bahan produk menjadi bahan yang lebih murah.

Jenis-jenis Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran dapat dibagi ke dalam empat jenis, yaitu:
ADVERTISEMENT
(FNS)