Pengertian VGA, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya pada Komputer

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
12 November 2021 11:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian VGA, fungsi, dan juga jenis-jenisnya. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian VGA, fungsi, dan juga jenis-jenisnya. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Beberapa orang mungkin mengenal VGA sebagai Video Graphic Array yang biasanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar.
ADVERTISEMENT
Namun, dalam dunia teknologi, VGA dikenal sebagai perangkat yang terpasang pada CPU atau Central Proccesing Unit.
Tujuannya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan VGA yang dikenal banyak orang, yakni meningkatkan kualitas tampilan dari komputer dan laptop.
VGA sendiri pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM atau International Business Machines. Namun, standar VGA sendiri sudah tidak digunakan karena telah memiliki standar terbaru.
Bahkan hingga sekarang tampilan windows yang ada pada komputer atau laptop masih menggunakan VGA. Hal tersebut didukung karena banyak produsen kartu grafis dan juga monitor.

Pengertian VGA

Mengutip jurnal yang berjudul Hardware VGA Card yang ditulis oleh Agus Muhiban, dkk, VGA (Video Graphic Accelerator) card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor.
ADVERTISEMENT
VGA card sendiri berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer.
Selain itu, struktur yang ada pada VGA juga mirip dengan komputer. Karena pada dasarnya VGA memiliki processor yang disebut dengan GPU yang kemudian ditambah juga dengan memori.

Fungsi VGA

Fungsi dari VGA. Foto: Unsplash
VGA card juga memiliki berbagai macam fungsi yang berperan penting untuk menerjemahkan ataupun mengubah sinyal digital yang berasal dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor.
Sayangnya, beberapa orang menganggap bahwa fungsi dari VGA tidak begitu penting. Ini karena biasanya VGA sudah dibenamkan langsung di motherboard, sehingga pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktivitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing.
ADVERTISEMENT
Selain itu, VGA card juga berfungsi untuk menyimpan data dari hardisk, menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses, menerjemahkan output komputer ke monitor, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis VGA

Mengutip jurnal yang berjudul Pengertian VGA Komputer dan Jenis-Jenisnya karya Utama Daya, VGA card juga memiliki beberapa jenis yang memiliki perannya masing-masing.
Berikut jenis-jenis VGA card yang ada pada komputer.
ADVERTISEMENT
(JA)