Mesin EDC: Pengertian, Cara Penggunaan, dan Keuntungannya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
15 November 2021 17:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Electronic Data Capture (EDC). Foto: iStock
zoom-in-whitePerbesar
Electronic Data Capture (EDC). Foto: iStock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Electronic Data Capture atau disingkat EDC adalah mesin yang dapat dengan mudah dijumpai di tempat kasir atau loket pembayaran yang disediakan mal, swalayan, hotel, restoran, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) oleh Ni Putu Myari Artha, EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar-rekening bank, fungsinya untuk memindahkan dana secara real time.
Mesin ini diterbitkan oleh perbankan dan dapat terkoneksi dengan server perbankan.
Definisi lain menjelaskan bahwa EDC adalah mesin khusus yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi pembayaran non-tunai dengan menggunakan kartu ATM.

Penggunaan Mesin Electronic Data Capture (EDC)

Penggunaan Mesin Electronic Data Capture (EDC). Foto: iStock
EDC biasanya digunakan untuk melakukan suatu transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit, di mana mesin ini dikeluarkan oleh pihak bank untuk para merchant yang telah melakukan kerja sama.
Secara umum, mesin EDC menyediakan:
ADVERTISEMENT
Banyak tempat penjualan, termasuk toko-toko kecil, yang sudah menyediakan mesin pembayaran ini. Sebab, banyak masyarakat sekarang sudah memiliki kartu debit ataupun kartu kredit yang sudah menjadi gaya hidup di zaman sekarang.
Mesin EDC tidak hanya berfungsi sebagai alat gesek tunai, tetapi juga dapat digunakan untuk transaksi pembayaran belanja, pembayaran biaya tol, pembayaran biaya tiket pesawat dan listrik.
Berikut cara menggunakan mesin EDC.
ADVERTISEMENT

Keuntungan Menggunakan EDC

Keuntungan Menggunakan EDC. Foto: iStock
Menurut Binti Chomsiatin dalam Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro SMK/MAK Kelas XI, ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dalam menggunakan EDC, di antaranya:
(SFR)