Mengenal Jenis Aplikasi Pengolah Kata dalam Sistem Operasi

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 November 2021 16:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Aplikasi pengolah kata. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Aplikasi pengolah kata. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Aplikasi pengolah kata pada sistem operasi sering kali digunakan untuk menunjang pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Sebut saja Microsoft Word, WPS, Google Docs, Notebooks, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Namun, pernahkah terlintas di pikiran kita tentang sistem operasi dan aplikasi apa saja yang terdapat di dalamnya? Simak uraiannya berikut ini.

Pengertian Sistem Operasi

Layaknya nyawa bagi komputer, sistem operasi berperan penting untuk menjalankan berbagai perintah. Menurut buku Dasar Sistem Komputer oleh I Gede Partha Sindu, sistem operasi ialah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer. Selain itu, sistem operasi menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.
Sistem operasi merupakan bagian vital dalam sistem komputer. Tanpanya, sistem komputer sekadar sekumpulan benda elektronik dan komponen mekanik.
Menurut Sindu, sistem operasi juga bertindak ibarat penerjemah antara pengguna aplikasi dengan perangkat keras. User berinteraksi dengan sistem komputer melalui sebuah aplikasi seperti aplikasi pengolah kata, permainan, atau aplikasi lain yang diciptakan untuk keperluan tertentu.
ADVERTISEMENT

Aplikasi Pengolah Kata

Sistem operasi mewadahi para penggunanya untuk menikmati berbagai aplikasi yang ada di dalamnya. Salah satunya aplikasi pengolah kata.
Menurut buku Mahir Berkomputer oleh Lia Kuswayatno, dkk., aplikasi pengolah kata adalah perangkat yang memfungsikan komputer sebagai mesin ketik elektronik dengan berbagai fitur pendukung di dalamnya.
Biasanya aplikasi pengolah kata juga termasuk salah satu jenis perangkat lunak paket dalam sebuah sistem operasi komputer. Perangkat itu berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang bersifat umum.
Sebagai perangkat bawaan dalam sistem operasi, aplikasi pengolah kata tak perlu disetel ulang. Namun pada kondisi tertentu, aplikasi ini dapat dipasang dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu.
Ilustrasi menggunakan aplikasi pengolah kata. Foto: Pixabay

Jenis Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi pengolah kata memiliki berbagai jenis dan fitur penunjang di dalamnya. Berikut tiga contoh aplikasi pengolah kata dalam sistem operasi.
ADVERTISEMENT
1. Microsoft Word
Pada sistem operasi windows, aplikasi pengolah kata yang sering digunakan adalah Microsoft Word. Perangkat lunak ini merupakan satuan paket yang terdapat di dalam aplikasi Microsoft Office.
Jenis aplikasi pengolah kata Ms Word banyak dipakai oleh manusia di seluruh dunia. Dengan dilengkapi berbagai fitur pendukung, aplikasi ini memudahkan segala jenis pekerjaan yang berkaitan dengan proses mengolah kata.
2. Lotus Word Pro
Jenis aplikasi pengolah kata yang satu ini merupakan produk keluaran International Business Machines (IBM). Desainnya yang sederhana menjadi alternatif untuk menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata. Uniknya, Lotus Word Pro dapat melakukan pertukaran file dengan Microsoft Word.
3. Notepad
Salah satu aplikasi pengolah kata keluaran Microsoft yang lain, yakni Notepad. Perangkat tersebut merupakan editor teks dengan tampilan sederhana. Visualisasi Notepad jauh lebih simpel dibanding Microsoft Word.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, pengguna memfungsikan Notepad sebagai media untuk menulis berbagai kode pemrograman dan berbagai aktivitas mencatat lainnya.
Berbagai jenis aplikasi pengolah kata dapat kita temukan dengan mudah. Adapun yang bukan termasuk aplikasi pengolah kata pada sistem operasi adalah Microsoft Excel, Microsoft Powerpoint, dan sebagainya.
Microsoft Excel termasuk jenis aplikasi pengolah angka (spreadsheet). Fungsinya, untuk melakukan berbagai perhitungan secara otomatis. Sementara Microsoft Powerpoint termasuk ke dalam aplikasi untuk presentasi.
(ANM)