Cara Screenshot Samsung A52 dengan 3 Metode: Kombinasi Tombol dan Menu Asisten

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
26 Januari 2022 18:00 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara screenshot Samsung A52 bisa dilakukan dengan 3 metode. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Cara screenshot Samsung A52 bisa dilakukan dengan 3 metode. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Samsung Galaxy A52 merupakan smartphone yang diluncurkan pada Maret 2021 dan dilengkapi oleh berbagai fitur, salah satunya screenshot. Cara screenshot Samsung A52 pun cukup mudah dan mirip dengan ponsel Samsung lainnya.
ADVERTISEMENT
Adanya fitur screenshot yang ada di Samsung A52 memiliki fungsi bagi penggunanya untuk mengambil gambar yang ada di layar ponsel. Bahkan ada beberapa kasus yang menjadikan screenshot sebagai bukti untuk informasi yang pernah disampaikan.
Menghimpun dari laman resmi Samsung, smartphone terbaru ini memiliki banyak fitur-fitur menarik selain screenshot. Misalnya layar Super AMOLED 6.5 inci dengan resolusi FHD+, prosesor Snapdragon 720G (8nm) hingga baterai 4.500 mAh yang dilengkapi kabel fast charging 25W.
Jika dilihat dari segi kameranya pun, ponsel ini memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari 64 MP, ultrawide 12 MP, macro 5 MP, dan depth sensor 5 MP. Untuk kamera depannya, Samsung A52 memiliki resolusi mencapai 32 MP.
Kembali berbicara tentang fitur screenshot, Samsung A52 memiliki tiga cara untuk menangkap layar ponsel. Cara tersebut, yaitu kombinasi tombol fisik, menu asisten, dan palm swipe to capture.
ADVERTISEMENT

Cara Screenshot Samsung A52

Cara screenshot Samsung A52. Foto: Samsung Indonesia
Berikut penjelasan dari masing-masing cara screenshot Samsung A52 yang bisa memudahkan bagi para penggunanya!
1. Kombinasi tombol fisik
Cara screenshot Samsung A52 melalui kombinasi tombol fisik terdengar cukup familiar untuk diterapkan. Hal tersebut karena kombinasi tombol fisik ini sering diaplikasikan di berbagai macam smartphone lainnya.
Kombinasi tombol tersebut, yakni tombol Power dan Volume Down. Para pengguna ponsel ini cukup menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
Jika tidak dilakukan dengan bersamaan, fitur screenshot ini tidak bisa bekerja.
2. Menu asisten
Selain kombinasi tombol fisik, menu asisten juga termasuk alternatif yang bisa digunakan oleh pengguna untuk menangkap layar ponsel.
Ada beberapa langkah yang perlu untuk diperhatikan untuk mengaktifkan fitur alternatif tersebut, berikut langkah-langkahnya:
ADVERTISEMENT
Ketika menu asisten diaktifkan, di layar ponsel akan muncul icon berbentuk lingkaran. Saat icon lingkaran tersebut ditekan, ada sejumlah menu yang tersedia, salah satunya tangkapan layar.
3. Swipe to capture
Istilah swipe to capture ini merujuk pada usapan di layar yang dilakukan para pengguna Samsung A52. Jika kombinasi tombol dan menu asisten biasanya ada di smartphone Samsung yang lain, fitur swipe to capture belum tentu ada.
Tidak begitu sulit, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti:
ADVERTISEMENT
Setelah mengaktifkan fitur swipe to capture, pengguna android Samsung A52 pun sudah bisa menggunakannya.
(JA)