Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat dan Tanpa Obat

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
30 Desember 2021 17:35 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tekanan darah tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengonsumsi makanan sehat. Foto: Freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Tekanan darah tinggi dapat diturunkan secara alami dengan mengonsumsi makanan sehat. Foto: Freepik.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat ternyata bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.
ADVERTISEMENT
Makanan sehat adalah makanan yang dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh manusia. Selain itu, makanan sehat juga dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit.
Salah satu macam penyakit yang dapat dicegah adalah hipertensi, yaitu tekanan darah terhadap arteri sangat tinggi.
Menurut Mary Baradero, SPC, MN, dkk dalma buku Klien Gangguan Kardiovaskular Seri Asuhan Keperawatan, hipertensi didefinisikan sebagai tekanan darah di atas 140/90, dan dianggap parah jika tekanan di atas 180/120.
Hipertensi dapat mengakibatkan berbagai macam masalah kesehatan yang lebih kompleks, misalnya serangan jantung, stroke, bahkan bisa mengakibatkan kematian.
Untuk itu, sekiranya perlu dilakukan berbagai penanganan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat Menggunakan Makanan Sehat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat.
ADVERTISEMENT
Berikut daftar makanan sehat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan efektif:
Salah satu cara menurunkan darah tinggi dengan cepat adalah mengonsumsi buah sitrus. Foto: Pexels.com
1. Buah Sitrus
Dikutip dari buku Diet Sehat dengan Kode Warna Makanan karya James A. Joseph, dkk, buah sitrus adalah jenis buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.
Buah sitrus, seperti jeruk, lemon, dan lain-lain banyak mengandung karotenoid, terpene, flavonoid, dan vitamin C. Kandungan-kandungan dipercaya dapat menyembuhkan penyakit hipertensi.
2. Sayur Bayam
Sayur bayam dapat memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh manusia. Salah satunya ialah untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
Selain itu, sayur bayam juga dapat menjaga kesehatan mata, mencegah terjadinya hipertensi, mencegah anemia, dan sebagainya.
Menurut Hendra Kurniawan dalam buku Tangkal Penyakit Orang Kantoran, sayur bayam dapat diolah dengan dimasak menjadi sayur bening untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.
ADVERTISEMENT
3. Yoghurt
Yoghurt adalah salah satu makanan olahan yang sehat yang dapat menjadi sumber kalsium yang baik bagi tubuh manusia.
Mengonsumsi yoghurt dengan cukup dalam kurun waktu tertentu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Yoghurt juga terbukti menurunkan risiko hipertensi.
Yoghurt yang baik adalah yoghurt yang tidak banyak mengandung glukosa atau gula. Agar terasa lebih enak, campurkan Yoghurt dengan beberapa potongan buah segar.
4. Oatmeal
Cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dapat dilakukan dengan mengonsumsi oatmeal dengan cara memvariasikannya dengan buah-buahan segar atau kacang-kacangan. Foto: Pexels.com
Oatmeal adalah makanan yang tidak asing bagi mereka yang melakukan diet. Oatmeal sering dijadikan sebagai alternatif pengganti karbohidrat.
Dikutip dari Diet Sehat dengan Makanan Tinggi Serat karya Irene, dkk, oatmeal dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mencegah kolesterol.
Oatmeal dapat dikonsumsi menggunakan buah-buahan atau kacang-kacangan untuk memperkaya asupan nutrisi.
ADVERTISEMENT
5. Ikan Omega-3
Mengutip dari buku Agar Otak Sehat yang disusun oleh Pangkalan Ide, mengonsumsi ikan-ikan yang mengandung omega-3 dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.
Ikan yang mengandung omega-3 tinggi, seperti salmon dan makarel tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, tetapi juga dapat mencegah kolesterol.
Ikan omega-3 dapat diolah dengan berbagai cara. Pastikan dalam pengolahannya tidak menggunakan minyak dan garam yang berlebihan yang dapat memicu naiknya tekanan darah tinggi.
(SAI)