8 Faktor yang Menentukan Jumlah Uang yang Beredar di Masyarakat

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
15 Desember 2021 18:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Foto : Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Foto : Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jumlah uang yang beredar dalam masyarakat ditentukan oleh faktor-faktor utama, yaitu kebijakan bank sentral dan kebijakan pemerintah dalam kebijakan moneter suatu negara.
ADVERTISEMENT
Selain itu, terdapat juga faktor lainnya yang menentukan jumlah uang beredar di dalam masyarakat. Berikut ini penjelasan mengenai jumlah uang beredar dan faktor yang menentukannya.

Mengenal Uang

Menurut buku Uang: Pengertian, Penciptaan, dan Peranannya dalam Perekonomian oleh Solikin dan Suseno, uang adalah suatu benda yang dapat ditukarkan dengan benda lain, dapat digunakan untuk menilai suatu benda, dan simpanan seseorang dalam bentuk tabungan.
Uang menjadi sutua benda yang memiliki fungsi sebagai alat tukar, alat penyimpanan nilai, satuan hitung, dan ukuran pembayaran. Menurut sejarah, uang dahulu hanya digunakan sebagai alat tukar. Lalu, fungsi uang berkembang untuk memenuhi kebutuhan ekonomi manusia.
Pada umumnya, masyarakat lebih mengenal istilah uang tunai yang terdiri dari uang kertas dan uang logam. Uang tunai adalah uang yang ada di tangan masyarakat dan siap dibelanjakan untuk alat pembayaran.
ADVERTISEMENT
Uang tunai juga sering disebut sebagai uang kartal yang dikeluarkan dan diedarkan oleh Bank Indonesia sebagai otoritas moneter. Sementara itu, uang yang berada dalam rekening giro di bank umum dikenal sebagai uang giral.

Pengertian Uang Beredar

Ilustrasi jumlah uang yang beredar dalam masyarakat. Foto: Pexels.com
Berdasarkan jurnal Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia oleh Sarmiani, uang beredar adalah semua jenis uang yang berada di dalam roda perekonomian. Atau jumlah dari mata uang dalam peredaran ditambah dengan uang giral dalam bank umum.
Terdapat dua pengertian dari uang beredar, yaitu pengertian yang terbatas dan luas. Dalam pengertian terbatas, uang beredar adalah mata uang dalam peredaran ditambah dengan uang giral yang dimiliki oleh perseorangan, perusahaan, dan badan pemerintah.
Sementara itu, pengertian luas uang beredar adalah semua deposito berjangka dan saldo tabungan, mata uang rupiah, dan mata uang asing milik penduduk di lembaga keuangan bank serta non-bank.
ADVERTISEMENT
Jumlah uang beredar dalam masyarakat merupakan total persediaan uang dalam suatu perekonomian negara pada kurun waktu tertentu. Perubahan jumlah uang beredar ditentukan oleh hasil interaksi antara masyarakat, lembaga keuangan, dan bank sentral.

Faktor yang Menentukan Jumlah Uang yang Beredar

Menurut jurnal Faktor-Faktor yang Memengaruhi Jumlah Uang Beredar di Indonesia oleh Sarmiani, jumlah uang yang beredar dalam masyarakat ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
(FNS)