29 November Memperingati Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
28 November 2022 11:15 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kalender. Foto: eamesBot/Shutterstock.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kalender. Foto: eamesBot/Shutterstock.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam kalender Gregorian, tanggal 29 November adalah hari ke-333. Pada tanggal ini terjadi serangkaian peristiwa penting di dalam negeri. Berikut ini beberapa peristiwa penting di Indonesia dan dunia pada tanggal 29 November.
ADVERTISEMENT

Tanggal 29 November Diperingati sebagai Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI)

Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) adalah sebuah organisasi di Indonesia yang anggotanya meliputi Aparatur Sipil Negara, pegawai BUMN, BUMD, dan anak perusahaan.
Sedangkan perangkat pemerintah desa tidak menjadi anggota Korpri dan tergabung dalam PPDI atau Persatuan Perangkat Desa Indonesia. Namun, KORPRI sering dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan KORPRI tidak dapat terlepas dari kedinasan.
KORPRI yang didirikan pada tanggal 29 November 1971 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 82 Tahun 1971 yang merupakan wadah bagi Pegawai Republik Indonesia. Pada masa Orde Baru, KORPRI digunakan sebagai alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa saat itu. Namun, sejak masa reformasi, KORPRI telah berkembang menjadi organisasi yang netral, tidak memihak partai politik tertentu.
ADVERTISEMENT

Serentetan Peristiwa 29 November

Kelahiran Awkarin

Karin Novilda Sulaiman (lahir 29 November 1997) adalah seorang selebriti internet, YouTuber, model, pengusaha, dan penyanyi Indonesia.