Mengenal Perbedaan Hotel dan Hostel Untuk Staycation

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
7 Juli 2022 22:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan Hotel dan Hostel, Foto/Unsplash/Valeriia Bugaiova.
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan Hotel dan Hostel, Foto/Unsplash/Valeriia Bugaiova.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebelum staycation, tentu saja kalian harus memikirkan tempat untuk menginap. Ada beberapa jenis penginapan mulai dari hotel, hostel, guesthouse dan homestay. Pasti kalian masih bingung perbedaan hotel dan hostel. Jangan sampai salah pengertian. Berikut ini perbedaan hotel dan hostel yang harus diketahui sebelum menikmati staycation.
ADVERTISEMENT

Perbedaan Hotel dan Hostel yang Perlu Kalian Ketahui

Hotel dan hostel, memiliki nama yang hampir sama. Namun hotel dan hostel memiliki pengertian yang berbeda. Supaya lebih paham apa perbedaan hotel dan hostel, simak perbedaan hotel dan hostel berikut ini.

Pengertian Hotel Menurut Agus Sulastiyono

Dikutip dari buku Drs. Agus Sulastiyono yang berjudul “Teknik dan Prosedur Divisi Kamar Pada Bidang Hotel” dalam seri “ Manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi” (2006), hotel adalah perusahaan atau badann usaha yang menyediakan layanan menginap untuk orang-orang yang melakukan perjalanan. Dikelola oleh pemilik atau ownernya dengan layanan tempat beserta fasilitas makanan dan minuman serta fasilitas lengkap lainnya.

Pengertian Hotel Menurut Endar Sari

Dalam buku yang ditulis oleh Ir.Sugiarto Endar, BA dan Sri Sulartingrum, BA dengan judul “ Pengantar Akomodasi dan Restoran”. Pengertian hotel menurut Endar Sri sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Hotel adalah bangunan yang didirikan dan dikelola dengan tujuan komersial dengan jalan menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum. Dengan rincian fasilitas seperti jasa penginapan, jasa pelayanan barang bawaan, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa fasilitas perabot dan hiasan, serta jasa pencucian pakaian.

Pengertian Hotel Menurut Lowson

Pengertian hotel menurut Lowson ditulis dalam buku yang berjudul “Hotels, Motels, and Condominius: Design, Planning, and Maintenance.
Hotel adalah sarana tempat tinggal yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan dengan beberapa fasilitas pelayanan seperti jasa kamar, jasa penyedia makanan dan minuman, jasa akomodasi lainya dengan syarat berupa imbalan ataupun pembayaran.

Pengertian Hotel Menurut Rumekso

Dalam buku yang ditulis oleh Rumekso membahas tentang hotel. Adapun pengertian hotel menurut rumekso sebagai berikut.
Hotel adalah bangunan yang menyediakan kamar-kamar untuk menginap para tamu,makanan dan minuman, serta fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan. Dikelola dengan managemen yang professional untuk mendapatkan keuntungan.
ADVERTISEMENT

Pengertian Hostel

Berbeda dengan hotel yang yang biasanya terkesan mewah dan memiliki kamar pribadi dengan kamar mandi sendiri dan beberapa fasilitas pribadi, serta memiliki staf yang terlatih secara professional dan mereka selalu siap jika Anda membutuhkan sesuatu.
Pengertian hostel sendiri adalah penginapan yang memiliki biaya lebih murah dibanding dengan hotel. Mengapa demikian? Karena fasilitas yang diberikan juga biasa saja, tidak mewah seperti hotel dan tidak bersifat personal.
Selain itu juga tidak ada pembagian kelas seperti di hotel. Kalaupun ada, beberapa pilihan itu pun sama dan harganya masuh tergolong murah.
Demikianlah perbedaan hotel dan hostel yang perlu Anda ketahui sebelum staycation. Semoga bermanfaat!(Diah)