6 Makanan Khas Manado Halal yang Wajib Dicicipi

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
7 Oktober 2022 15:28 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilsutrasi Makanan Khas Manado Halal, Foto: Unsplash/Ella Olsson
zoom-in-whitePerbesar
Ilsutrasi Makanan Khas Manado Halal, Foto: Unsplash/Ella Olsson
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kuliner khas Indonesia memang sangat beragam. Beda daerah, beda juga ciri khas kulinernya. Di artikel ini akan membahas mengenai berbagai makanan khas Manado halal yang wajib kamu cicipi. Yuk, simak!
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Analisis Kelayakan Investasi Pembukaan Outlet Kuliner Manado Dapur Id Di Jakarta Selatan (2019) karya Chaula Triza Putri, Budi Praptono, Boby Hera Sagita - eProceedings of Engineering 6 (2), dalam laman openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id, perbedaaan lingkungan di Indonesia dari mulai iklim, wilayah, flora dan fauna menyebabkan terdapatnya berbagai jenis kuliner yang beragam di Indonesia.
Setiap hidangan dari setiap wilayah Indonesia dapat mencerminkan budaya, adat istiadat, dan kebiasaan budaya suatu wilayah Indonesia. Begitu juga dengan kuliner khas Manado. Manado kini menjadi salah satu pusat kuliner Indonesia yang wajib dikunjungi bagi para pecinta kuliner. Di Manado, terdapat banyak makanan khas yang memiliki rasa yang enak.

Rekomendasi Makanan Khas Manado Halal

Ilustrasi Makanan Khas Manado Halal, Foto: Unsplash/emy
Untuk kamu yang ingin mencicipi masakan khas Manado, berikut ada beberapa rekomendasi makanan khas Manado halal yang wajib kamu cicipi.
ADVERTISEMENT

1. Cakalang Fufu

Rekomendasi makanan khas Manado yang pertama ini adalah cakalang fufu. Cakalang fufu ini memiliki bahan dasar, yaitu ikan cakalang atau tongkol putih yang diasapi atau yang biasa disebut fufu.
Menu kuliner khas Manado ini cukup populer. Cara pengolahannya, pertama ikan yang masih segar langsung diasapi, kemudian diolah menjadi berbagai menu. Salah satu olahan yang populer adalah cakalang fufu saus dan cakalang fufu santan.

2. Tinutuan

Selanjutnya ada Tinutuan. Makanan ini merupakan suatu makanan yang dibuat dari campuran berbagai macam sayuran hijau dan dimasak dengan bubur beras serta labu kuning. Biasanya, makanan ini cocok dimakan sebagai menu sarapan.

3. Sambal Roa

Sambal roa merupakan salah satu sambal khas Manado yang enak. Sambal ini dibuat dari cabai yang dicampur dengan ikan roa yang sebelumnya diasap sampai kering. Sambal roa ini biasanya cocok untuk menjadi pelengkap kala menyantap tinutuan.
ADVERTISEMENT

4. Dabu-dabu

Salah satu kuliner khas Manado yang cukup populer ini adalah dabu-dabu. Berbeda dengan dabu-dabu di daerah lain, dabu-dabu di Manado ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Di Manado ada berbagai macam dabu-dabu, seperti dabu-dabu bakar, dabu-dabu iris, dabu-dabu lemong hingga dabu-dabu lilang.

5. Pisang Goreng

Pisang goreng mungkin sudah lumrah di kalangan masyarakat Indonesia, tapi apa yang berbeda dengan pisang goreng khas Manado ini? Pisang goreng khas Manado biasanya disantap dengan dabu-dabu atau juga bisa dengan sambal roa.
Ada sebuah kawasan di Manado yang menjadi tempat spesial untuk kamu menikmati pisang goreng ini, yaitu di kawasan kuliner sabuah bulu di Malalayang.

6. Klapertaart

Klapertaart ini adalah sebuah dessert yang sangat gurih dan lezat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung, susu, telur, dan mentega. Biasanya klapertaart dinikmati dalam kondisi dingin. Jadi, setelah selesai diolah, kamu bisa langsung masukan klapertaart ke dalam kulkas.
ADVERTISEMENT
Itu dia berbagai makanan khas Manado halal yang wajib kamu cicipi. Cukup menarik, bukan? Yuk, langsung saja coba salah satunya saat berkunjung ke Manado nanti. Semoga bermanfaat! (Ifr)