5 Tips Liburan ke Dieng supaya Aman dan Nyaman

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
29 Juni 2023 14:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tips liburan ke Dieng. Sumber: Unsplash/ Andri Hermawan.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tips liburan ke Dieng. Sumber: Unsplash/ Andri Hermawan.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dieng menjadi salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah yang cukup populer. Bagi masyarakat yang berencana ke tempat ini, ada beberapa tips liburan ke Dieng yang bisa dipraktikkan. Tips ini cukup berguna agar liburan aman dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Apalagi Dieng terletak di dataran tinggi dan memiliki suhu udara yang cukup dingin. Sehingga masyarakat yang ingin berwisata ke tempat ini perlu mempersiapkan beberapa hal agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tips Liburan ke Dieng

Ilsutrasi tips liburan ke Dieng. Sumber: Unsplash/ Falaq Lazuardi.
Dikutip dari bppiindonesianheritagetrust.org, Dataran Tinggi Dieng terletak di Propinsi Jawa Tengah, dan berada di dua wilayah Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.
Potensi alam, budaya, dan sejarah kawasan Dieng menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tak heran, Dieng memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi.
Bagi masyarakat yang ingin datang ke daerah wisata tersebut, berikut tips liburan ke Dieng agar aman dan nyaman saat mengunjungi dataran tinggi di Jawa Tengah tersebut.

1. Siapkan Kendaraan

Cukup sulit untuk menemukan alat transportasi umum yang bisa digunakan untuk berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya saat berada di Dieng.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, wisatawan perlu untuk menyewa sepeda motor atau mobil. Apabila melakukan liburan sendiri, maka sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang paling cocok.
Namun, jika liburan bersama rombongan lebih dari 4 orang, sebaiknya menyewa mobil. Karena selain lebih nyaman, tentu akan lebih menghemat biaya.

2. Riset Tentang Tempat Tujuan

Satu hal yang wajib dilakukan sebelum liburan ke Dieng adalah riset terkait lokasi tujuan wisata. Hal ini karena terdapat berbagai macam tempat wisata di Dieng yang bisa dikunjungi.
Luangkan waktu sejenak untuk mencari tahu apa saja destinasi wisata yang ada di Dieng dan kapan waktu terbaik untuk mengunjunginya.
Jangan sampai menyesal karena melawatkan beberapa spot wisata menarik saat berada di Dieng. Manfaat waktu sebaik mungkin agar bisa menjelajah Dieng lebih luas.
ADVERTISEMENT

3. Persiapkan Baju Hangat

Suhu udara kawasan Dataran Tinggi Dieng bisa mencapai 12-20 derajat celcius pada siang hari, dan 6-10 derajat celcius pada malam hari.
Bahkan pada musim kemarau, suhu udara di Dieng bisa mencapai dibawah titik beku air hingga menyebabkan munculnya embun-embun es yang mirip salju. Embun es ini biasanya dapat ditemui pada saat pagi hari hingga menjelang siang.
Jadi pastikan membawa baju hangat agar tidak kedinginan, seperti jaket, sweater, baju tebal. Selain itu, persiapan kaos kaki dan sarung tangan agar tubuh semakin hangat.

4. Segera Berburu Penginapan Murah

Berada di dataran tinggi, Dieng terletak cukup terpencil dan jauh dari perkotaan, sehingga tak banyak hotel mewah yang ada di tempat ini. Oleh karena itu, wisatawan perlu mencari penginapan sebelum berangkat ke Dien.
ADVERTISEMENT
Meski susah menemukan hotel mewah, namun ada beberapa warga yang menyulap rumahnya menjadi homestay yang nyaman dan murah.
Karena banyaknya jumlah wisatawan yang datang, tak jarang semua penginapan di kawasan ini habis tersewa. Oleh karena itu, segera pesan penginapan agar liburan menjadi nyaman.

5. Bertanya Sebelum Memesan Makanan

Sebagian besar warung yang menjual makanan di kawasan Dataran Tinggi Dieng tidak mencantumkan daftar harga.
Sehingga wisatawan gampang terperdaya, jangan malu untuk menanyakan harga makanan di tempat makan sebelum memesannya. Pada umumnya harga makanan di Dataran Tinggi Dieng berkisar antara Rp20.000 hingga Rp50.000 setiap porsi.
Demikian informasi mengenai tips liburan ke Dieng agar liburan aman dan nyaman. Persiapkan dengan teliti, jangan sampai niat liburan malah berujung pada hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat. (IND)
ADVERTISEMENT