Drone Google Mulai Kirim Barang di Australia

Jejak Tekno
Merekam jejak-jejak teknologi yang semakin sulit dilepaskan dari aspek kehidupan manusia dan lingkungannya.
Konten dari Pengguna
10 April 2019 9:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jejak Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Google (Foto : Reuters)
Layanan pesawat nirawak milik Alphabet, pemilik Google, telah menuntaskan pengiriman udara pertamanya di North Canberra, Australia pada hari Selasa setelah memperoleh persetujuan dari otoritas penerbangan sipil setempat.
ADVERTISEMENT
Wing, unit pengiriman nirawak Alphabet mengatakan jasa pengirimannya akan tersedia untuk sejumlah terbatas pemukiman di wilayah Crace, Palmerston, dan Franklin dan akan secara perlahan diperluas ke Harrison dan Gungahlin.
“Wing telah melaksanakan uji pengiriman nirawak di Australia sejak 2014. Dalam 18 bulan terakhir, Wing telah mengirimkan makanan, perabotan kecil dan produk obat eceran sebanyak lebih dari 3.000 kali ke rumah-rumah di Fernleigh Park, Royalla, dan Bonython,” ungkap Wing di blognya yang dikutip Reuters.
Wing merupakan jebolan divisi penelitian Alphabet, X yang bulan Juli tahun lalu memutuskan menjadi perusahaan independen di dalam Alphabet dan juga merupakan bagian dari divisi Other Bets. Wing dikepalai oleh James Ryan Burgess.
Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA) di situsnya menyebut penerbangan Wings hari Selasa telah ‘memenuhi level keamanan yang layak’ dan bekerja sesuai panduan untuk operator penerbangan nirawak komersil berbobot lebih dari 2 kilogram.
ADVERTISEMENT
Wing pada bulan Desember mengatakan akan meluncurkan jasa pengiriman Eropa pertamanya di Finlandia mulai musim semi 2019.