China Buat Database Serangan Terpusat untuk Tebalkan Pertahanan Siber

Jejak Tekno
Merekam jejak-jejak teknologi yang semakin sulit dilepaskan dari aspek kehidupan manusia dan lingkungannya.
Konten dari Pengguna
14 September 2017 1:00 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jejak Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
China Buat Database Serangan Terpusat untuk Tebalkan Pertahanan Siber
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertahanan siber (Foto : Reuters)
China pada Rabu waktu setempat mengatakan akan membuat repositori data nasional untuk informasi terkait serangan siber dan meminta perusahaan telekomunikasi, internet, dan penyedia nama domain untuk melaporkan serangan terhadap mereka seperti diberitakan Reuters.
ADVERTISEMENT
Kementerian Industri dan Teknologi Informasi (MIIT) mengatakan perusahaan telekomunikasi dan juga lembaga pemerintahan harus membagikan informasi terkait serangan termasuk juga malware Trojan, kerentanan perangkat keras, dan konten yang terhubung dengan alamat IP ‘berbahaya’ ke platform baru yang dibuat.
Sebuah nota kebijakan MIIT juga menyebutkan bahwa kementerian yang membuat platform tersebut dapat mengenyahkan ancaman berdasarkan aturan yang baru akan diterapakan 1 Januari 2018.
Perusahaan dan penyedia jaringan yang gagal menaati peraturan baru ini akan diberikan peringatan, denda dan hukuman administratif lainnya tanpa ada detil lebih lanjut.
Aturan ini adalah langkah terbaru dari pemerintah China yang didesain untuk melindungi infrastruktur inti dan perusahaan swasta dari ancaman serangan siber skala besar.