Warga Binaan Lapas Kediri Tewas Dikeroyok, Saling Ejek Diduga Jadi Pemicu

Konten Media Partner
31 Oktober 2022 14:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Warga Binaan Lapas Kediri Tewas Dikeroyok, Saling Ejek Diduga Jadi Pemicu
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
jatimnow.com - Tewasnya salah satu warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Kediri akibat dikeroyok, diduga dipicu saling ejek.
ADVERTISEMENT
Humas Lapas Kediri, Anton Prabowo Wicaksono mengatakan, perkelahian pada Sabtu (29/10/2022) tersebut diduga dipicu saling ejek antar warga binaan.
Menurut Anton, peristiwa terjadi usai Salat Dhuhur, saat Karupam melakukan kontrol blok hunian. Saat itu Karupam mencurigai beberapa warga binaan yang seolah memberi isyarat agar menuju ke kamar B10.
Kemudian saat ke kamar B10 tersebut, didapati warga binaan yang berinisial M (sebelumnya ditulis F), warga Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri sudah tergeletak di dalam kamar.
"Seketika itu Karupam dan anggota regu membawa M ke klinik lapas yang kemudian oleh pihak medis lapas dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Bhayangkara," ungkap Anton, Minggu (30/10/2022).
Setelah mendapatkan penanganan intensif di RS Bhayangkara, warga binaan tersebut dinyatakan meninggal dunia pada sore harinya.
ADVERTISEMENT
Sementara usai peristiwa itu, pihak lapas langsung melakukan pemetaan terhadap pelaku dan didapati nama warga binaan berinisial BO.
"BO mengaku telah memukul M karena tersinggung dengan ejekan dan sindiran," tambah Anton.
Dirasa kematian M tidak wajar, Lapas Kediri kemudian membuat laporan polisi. Beberapa jam kemudian anggota Satreskrim Polres Kediri Kota mendatangi lapas untuk melakukan identifikasi.
Dari hasil penyelidikan, selain BO juga ada dua orang warga binaan lainnya yang ikut mengeroyok korban, yaitu SG dan HE.
"Untuk tindak selanjutnya sementara masih menunggu hasil pemeriksaan dari pihak Polres Kediri Kota," terang Anton.
Untuk saat ini, lanjut Anton, situasi lapas dalam keadaan aman dan kondusif. Jenazah juga sudah diserahterimakan kepada keluarga.
Sebelumnya Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi menyebut bahwa sudah ada tiga orang narapidana yang ditetapkan sebagai tersangka atas tewasnya korban.
ADVERTISEMENT
"Tiga (narapidana) sudah ditetapkan tersangka," jelas dia.