Isi Jabatan Wagub Jambi yang Lowong, Begini Kriteria Fachrori

Konten Media Partner
13 Maret 2019 12:58 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gubernur Jambi Fachrori Umar. Foto: jambiprov.go.id
zoom-in-whitePerbesar
Gubernur Jambi Fachrori Umar. Foto: jambiprov.go.id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jambikita.id—Jabatan lowong wakil gubernur Jambi usai ditinggal Fachrori Umar yang “naik pangkat” jadi gubernur menggantikan Zumi Zola usai dipecat karena menjadi terdakwa kasus suap dan gratifikasi bakal segera diisi.
ADVERTISEMENT
Fachrori punya kriteria sendiri terhadap calon pendampingnya untuk menyelesaikan periode pemerintahan gubernur dan wagub Jambi 2016 – 2021.
“Yang diutamakan yang memiliki sifat-sifat Nabi Muhammad, nanti akan saya tanyakan itu (sifat nabi-sidiq, fatonah, tabligh, amanah),” katanya, Rabu (13/3/2019).
Dia menyebutkan tokoh yang akan mendampinginya sebagai wakil gubernur Jambi haruslah memiliki sifat – sifat rasulullah, sehingga menghindarkan korupsi di lingkungan pemerintahan Jambi.
Menurutnya, posisi wagub Jambi mesti diisi oleh orang yang berakhlak baik. Selain itu tentu saja pintar, cerdas dan memiliki rekam jejak yang bagus.
Sebelumnya, PAN sebagai salah satu partai pengusung sudah mengajukan enam nama untuk dipilih menggantikan Zumi Zola dan akan mendampingi Fachrori sebagai wagub Jambi.
Enam nama itu adalah Ketua DPW PAN Provinsi Jambi Bakri, yang juga anggota DPR RI. Kemudian, Mantan Bupati Merangin Nalim, Kader PAN Madian Siswandi, Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, serta Ratu Munawarah, istri Mantan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin.
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga ada nama Rusli Kamal Siregar yang juga mantan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bergabung menjadi kader PAN Jambi.
Fachrori mengungkapkan soal siapa yang akan dipilih mendampinginya kelak masih akan dibahas dan ditetapkan bersama partai pengusung. (hery)