7 Keseruan Hari Pertama Bootcamp kumparan Buddies 2022, Super Full of Fun!

Intan Ayu Maharani
kumparan Buddies - UPN Veteran Yogyakarta
Konten dari Pengguna
26 November 2022 12:14 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Intan Ayu Maharani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada tahun ini kumparan Academy berhasil memunculkan gebrakan baru dengan menghadirkan kumparan Buddies 2022 dengan tema #SecureYourFuture. Sebelum akhirnya resmi menjadi bagian dari kumparan Buddies, para finalis akan mengikuti bootcamp yang dimulai pada 25 hingga 27 November 2022 di Jakarta.
ADVERTISEMENT
Pada Jumat (25/11), sepuluh finalis dari berbagai asal daerah dan perwakilan kampus yang berbeda-beda akhirnya bertemu dan saling berdinamika bersama di hari pertama bootcamp. Meski belum genap satu hari saling mengenal, tapi tak menyurutkan semangat belajar dan motivasi para Buddies terpilih. Penasaran bagaimana keseruan bootcamp hari pertama secara lebih lengkap? Simak ulasan berikut ini sampai habis, yuk!
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Tak kenal maka tak sayang, ungkapan tersebut sejalan dengan pengalaman para Buddies yang baru saling bertemu dan mengenal secara langsung dengan para mentor dan rekan - rekan sesama Buddies. Untuk membangun komunikasi yang baik dan harmonis, terdapat sesi berkenalan baik dari Buddies maupun dari pihak penyelenggara, tim dari Awak kumparan.
ADVERTISEMENT
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Tak hanya mendapat teman baru, namun para Buddies juga mendapatkan bingkisan spesial dari kumparan sebagai welcoming gift para Buddies kala tiba di Head Office kumparan. Goodie Bag tersebut antara lain berisikan; powerbank, wireless earbuds, micellar water, kaos kumparan, hingga sticker kit kumparan Buddies.
Foto: Dokumentansi Pribadi
Foto: kumparan
Hunian nyaman yang disulap menjadi kantor ini terletak di Jl. Jati Murni No.1A, RT.8/RW.2, Jati Padang, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tak hanya working space, kantor kumparan juga dilengkapi dengan fasilitas studio rekaman, kolam renang, tama, pantry, hingga meja ping - pong untuk penunjang aktivitas para karyawan.
ADVERTISEMENT
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Pada hari pertama Bootcamp dilaksanakan, para Buddies berkesempatan mengikuti kelas yang dipandu langsung oleh para ahli dari Awak kumparan. Dengan tajuk “101 Journalism” kelas pertama ini dibawakan langsung oleh Manager Collaboration kumparan, Edmiraldo Siregar. Salah satu topik menarik dari narasumber kali ini adalah mengenai tips menulis supaya artikel kamu dapat terbit di laman kumparan. Tips tersebut diantaranya; Opini atau cerita yang dibuat harus orisinil dan menarik, ada data (resources) yang kuat, mengandung PUEBI yang akurat, dan pastinya foto atau data pendukung yang dimuat dalam cerita tidak melanggar hak cipta. Niscaya artikel kamu bisa nampang di laman kumparan, yuk buruan coba!
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Materi mengenai Journalism Ethic kali ini dipimpin langsung oleh Editor Collaboration kumparan, Muhammad Rizki. Narasumber yang beken disapa Rizki Gaga ini menyampaikan materinya dibalut dengan jenaka sehingga mudah diterima oleh audiens. Lewat gesture, pilihan kata, dan sikapnya yang membawa gelak membuat sesi di jam rawan ini tidak terasa mengantuk sama sekali! Kak Gaga juga memberikan bingkisan kecil kepada Buddies yang bisa menjawab pertanyaannya, membuat sesi ini jadi lebih aktif dan meriah.
ADVERTISEMENT
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Apakah impianmu menjadi reporter yang bisa langsung melaporkan dari tempat kejadian perkara? Jika iya, materi dari Kak Dede Rohali adalah jawabannya! Dibimbing langsung oleh Video Manager dari kumparan, para Buddies mendapatkan materi bagaimana caranya untuk menjadi jurnalis yang berkompeten. Tak hanya materi, para Buddies juga berkesempatan untuk mencoba langsung menjadi reporter dengan arahan dari Kak Dede. Wah, menantang sekali ya!
Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Topik kelas terakhir pada hari pertama ini adalah "Grooming & Personality" dari kak Melisa Lolindu! Pada kesempatan ini Buddies diminta untuk lebih mengenal diri sendiri. Bagaimana mengekspresikan amarah, kekecewaan, duka, dan berbagai rasa lain yang ada di dunia. Di sesi ini para Buddies saling berbagi kekhawatiran dan rasa mengenai dirinya. Pesan dari kak Melisa, always have positive thoughts and do it with your heart ya, Buddies!
ADVERTISEMENT
Hari pertama bootcamp kumparan Buddies telah sukses terlewati dengan antusias Buddies yang sangat apik dan membara. Semoga pada hari kedua dan ketiga semangatnya semakin terpantik, ya!