Mencicipi Amplang, Kerupuk Ikan Khas Kalimantan yang Renyah dan Gurih

Konten Media Partner
17 Oktober 2021 16:16 WIB
ยท
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Amplang kemasan Syarifah Salmah Kumai, dengan berbagai ukuran kemasan. Foto: Syarifah Salmah.
zoom-in-whitePerbesar
Amplang kemasan Syarifah Salmah Kumai, dengan berbagai ukuran kemasan. Foto: Syarifah Salmah.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT- Berlibur ke Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah tidak seru kalau tidak membeli oleh-oleh untuk di bawa pulang. Amplang bisa menjadi salah satu oleh-oleh untuk keluarga. Apasih Amplang itu? Amplang adalah sejenis kerupuk dengan bahan dasar ikan dengan campuran tepung sagu.
ADVERTISEMENT
Dengan cita rasa dan aroma ikan yang khas makanan ringan bercita rasa gurih ini sangat cocok dijadikan cemilan makan juga.
Amplang memang tidak hanya ada di Kotawaringin Barat saja, melainkan ada di semua daerah Kalimantan, hanya saja setiap daerah tentu cita rasanya tidaklah sama, meski bahan dasarnya sama.
Berbicara soal daging ikan yang menjadi bahan dasar Amplang tersebut yakni ikan tenggiri, ikan gabus (haruan), dan ikan belida. Jenis ikan yang dianggap terbaik adalah ikan belida karena rasa gurihnya yang lebih enak dan tekstur daging yang lembut saat dihaluskan.
Proses pembuatan Amplang sendiri cukup sederhana, ikan yang telah dibersihkan dari sisik dan duri digiling hingga halus. Daging yang telah halus diberi garam, bumbu-bumbu, serta air hingga rata. Lalu, dimasukkan tepung sagu dan diuleni hingga kalis. Adonan tersebut kemudian direbus atau dikukus selama kurang lebih satu jam, lalu dijemur agar menghasilkan amplang yang bagus saat digoreng.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya adalah pemotongan dan penggorengan amplang. Adonan yang masih berbentuk gumpalan besar tadi diiris tipis, lalu dipotong memanjang atau berbentuk dadu dengan ketebalan sekitar 0,5-1 centimeter. Potongan-potongan ini digoreng dengan minyak panas hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan. Setelah ditiriskan, amplang dapat disimpan dalam wadah tertutup agar tetap renyah dan tahan lama.
Seiring berjalannya waktu Amplang tidak hanya rasa original saja, beberapa toko oleh-oleh menjual amplang dengan rasa balado juga. harga Amplang juga ramah dikantong mulai dari Rp 5 ribu per bungkus hingga Rp 100 ribu per paket, tinggal pilih saja mau kemasan kecil, sedang, atau besar bisa juga kemasan paket.
Di Kotawaringin Barat sendiri hampir semua tempat toko oleh-oleh menjual Amplang, Amplang yang terkenal seperti Amplang Salbiah Abuk dan Syarifah Salmah dari Kumai.
ADVERTISEMENT