Bupati Nurhidayah Buka Kemah Besar Pramuka di Stadion Sport Center Pangkalan Bun

Konten Media Partner
14 Mei 2022 12:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Bupati Nurhidayah bersama unsur Forkopimda Kobar sata menghadiri acara kemah besar pramuka di Stadion Sport Center Sampuraga Baru Pangkalan Bun. Foto: IST/InfoPBUN
zoom-in-whitePerbesar
Bupati Nurhidayah bersama unsur Forkopimda Kobar sata menghadiri acara kemah besar pramuka di Stadion Sport Center Sampuraga Baru Pangkalan Bun. Foto: IST/InfoPBUN
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Bupati Kotawaringin Barat, Nurhidayah, membuka secara resmi Kemah Besar Pramuka Tingkat Kobar yang dilaksanakan di Stadion Sport Center Sampuraga Baru Pangkalan Bun, Sabtu (14/5/2022).
ADVERTISEMENT
Dalam acara ini hadir pula Wakil Ketua II DPRD Bambang Suherman, Sekda Suyanto, Tokoh Masyarakat Kobar HM Ruslam serta sejumlah pengurus Kwarcab pramuka kabupaten setempat.
Dalam sambutannya Bupati Nurhidayah mengatakan, tantangan dan kondisi permasalahan yang akan dihadapi generasi muda ke depan semakin komplek, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak. Keberadaan pramuka diharapkan dapat membantu pemda dalam mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di masyarakat.
"Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka yang kedua yang berbunyi 'menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat'. Di samping itu, gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa yang berkarakter baik, lebih yang generasi agar menjad bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik," kata bupati.
ADVERTISEMENT
Selain itu, lanjut bupati, gerakan pramuka juga berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga sebagai wadah pembinaan serta pengembangan kaum muda dilandasi sistem among, prinsip dasar dan metode kepramukaan.
"Kemah besar pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan anggota pramuka yang dilaksanakan melalui kegiatan di alam terbuka yang dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan sikap kedisiplinan, kemandirian, kebersamaan, dan mengembangkan sikap saling peduli," tutur Bupati Nurhidayah.
Kemah besar ini yang dilaksanakan selama 3 hari kedepan. Kegiatan kemah akbar ini merupakan yang perdana di Kobar, semenjak pandemi COVID-19 yang terjadi lebih dari 2 tahun terakhir.
"Saya berharap adik-adik dapat mengikutinya dengan penuh keseriusan, keceriaan, disiplin serta semangat meraih prestasi. Tak lupa juga kakak harap kalian bisa dengan disiplin mengikuti rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir dengan tetap patuh menjalankan protokol kesehatan demi terwujudnya keberhasilan kegiatan kita ini sehingga kalian bisa membawa nama baik gugus depan atau satuan karya kalian masing-masing," pesan Nurhidayah.
ADVERTISEMENT