MOBA Analog: Penjelasan dan Daftar Permainannya

Konten dari Pengguna
2 Agustus 2022 14:37 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi moba analog. Foto: Vainglory
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi moba analog. Foto: Vainglory
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada dunia game, terdapat berbagai genre yang bermunculan. Salah satunya MOBA analog yang beberapa tahun belakangan ini sedang naik daun.
ADVERTISEMENT
MOBA sendiri merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Di Indonesia, game MOBA yang populer di antaranya seperti Mobile Legends, Arena of Valor, Vainglory, dan lain sebagainya.
MOBA juga biasa dikenal sebagai game action real-time strategy atau disingkat dengan ARTS. Game bergenre ini, memungkinkan pemain mengontrol satu karakter dalam sebuah tim untuk melakukan pertempuran.
Semakin populernya game MOBA di Indonesia, membuat para pencinta game bergenre MOBA menciptakan istilah-istilah baru yang sulit dipahami oleh orang awam. Berikut merupakan penjelasan mengenai analog ML artinya apa.

MOBA Analog adalah

Ilustrasi moba analog. Foto: Moonton
Jika membahas MOBA analog, para pengguna game mobile pasti ingat dengan candaan seorang konten kreator yang meneriakkan kata “MOBA kok analog” dalam sebuah video yang viral.
ADVERTISEMENT
Sontak, ucapan candaan tersebut menjadi istilah yang semakin dikenal para pengguna game mobile di Indonesia.
MOBA analog adalah merujuk pada controller yang biasa digunakan ketika memainkan sebuah game. Ada juga cara lain dalam mengontrol karakter, yakni dengan cara meng-tap layar untuk menentukan karakter tersebut akan berjalan ke mana.
Mungkin jika diterapkan pada game PC, tidak begitu sulit. Tapi coba bayangkan, jika metode tersebut diterapkan pada sebuah game mobile dengan layar yang tak terlalu besar.
Pengguna pasti kesulitan, ditambah lagi harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk mengarahkan karakter game.
Dengan adanya analog, pengguna semakin dimudahkan untuk mengatur mobilitas karakter game. Cukup mengarahkan analog ke arah tertentu, karakter game bisa dengan mudah bergerak ke suatu tempat.
ADVERTISEMENT

Daftar Game MOBA Analog

Logo Mobile Legends. Foto: Moonton
Setelah membahas istilah MOBA analog, selanjutnya kita akan membahas apa saja game yang menggunakan controller analog. Penasaran? Simak daftarnya di bawah ini:

1. Mobile Legends

Pada urutan pertama, game MOBA terpopuler disandang oleh Mobile Legends. Game besutan Moonton ini diklaim mampu mencatatkan pengguna aktif sebanyak 30 juta pengguna di seluruh penjuru dunia.
Dirilis pada tahun 2016, Moonton memperkenalkan game pertempuran 5 lawan 5 dengan karakter yang bervariasi.

2. Arena of Valor

Di posisi kedua, ada Arena of Valor yang diperkenalkan oleh Tencent pada tahun 2016.
Seperti game MOBA pada umumnya, Arena of Valor memiliki gameplay dan visual yang hampir sama dengan Mobile Legends.
Adapun perbedaan yang terdapat dari Mobile Legends dan Arena of Valor adalah elemen penunjang permainan seperti skin, hero, dan statistik pertandingan. Tentu saja, kedua game tersebut memiliki keunggulan bagi para penggunanya.
ADVERTISEMENT

3. League of Legends: Wild Rift

Game yang satu ini, merupakan versi mobile dari game League of Legends atau biasa dikenal dengan LoL yang merupakan game PC.
Dikembangkan oleh Riot Games pada 2020, game ini langsung mendapatkan tempat di hati para penikmat game mobile. Itulah penjelasan mengenai MOBA analog dan contoh game-nya.
(ANS)