Boros & Gila Ketenaran, Eks Juara Tinju Ini Bangkrut hingga Ditinggal Istri

Konten dari Pengguna
21 Januari 2021 9:21 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Chris Eubank pada 1995. Foto: Holly Stein/Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Chris Eubank pada 1995. Foto: Holly Stein/Getty Images
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Chris Eubank merupakan eks petinju profesional asal Inggris yang pernah menyabet sabuk juara WBO pada kelas menengah dan menengah super. Kepopulerannya di dunia tinju ternyata menyeretnya jatuh dalam jurang kebangkrutan.
ADVERTISEMENT
Eubank diketahui mengalami kebangkrutan setelah memiliki tagihan pajak yang mencapai 1,3 juta poundsterling (sekitar Rp25 miliar) pada 2005 lalu.
Pria kelahiran Agustus 1966 itu memiliki gaya hidup yang boros dan konsumtif. Eubank juga dikenal gila ketenaran. Kebiasaan buruknya itulah yang berkontribusi pada masalah keuangannya. Hal tersebut juga dibenarkan oleh mantan istri dan anaknya.
Chris Eubank saat menghadiri The Sun Military Awards 2020. Foto: Getty Images
Menurut mantan istrinya, Karron Stephen-Martin, Eubank memiliki selera berpakaian yang nyentrik dan mahal. Dia menghabiskan banyak uangnya untuk setelan Savile Row, Jodhpurs, kemeja sutra, dan sepatu yang dibuat khusus.
“Dia kecanduan terhadap sepatu, pakaian, dan mobil. Setiap hari, dia memakai sepasang sepatu baru, sepertinya dia punya ribuan pasang sepatu,” ucap Karron, dilansir dari The Sun.
“Dia akan mengganti pakaiannya 3-4 kali sehari. Setiap minggu, petugas kebersihan akan mengirim van besar untuk mengambil semua pakaian kotornya. Dia memiliki pakaian untuk mengendarai sepeda motor, mengemudi mobil, berjalan-jalan, dan wawancara,” jelas Karron.
Eubank dengan mantan istrinya, Karron Stephen-Martin berpisah pada 2005. Foto: Rebecca Naden/PA Photo
Eubank yang sangat terobsesi dengan penampilannya sampai rela mendatangkan tukang cukur pribadi dari Manchester ke rumahnya di Brighton seminggu sekali. Biaya yang dikeluarkan untuk memotong rambutnya sekitar Rp 4,7 juta.
ADVERTISEMENT
Chris Eubank yang juga doyan koleksi mobil, diketahui memiliki mobil Jeep dan Hummer. Hummer miliknya diketahui berharga 55 ribu poundsterling (seharga Rp1 miliar). Meskipun menurut sang mantan istri, Hummer yang dibeli dari Dubai itu tidak pernah sampai ke Inggris karena masalah standar emisi.
Puncak koleksi kendaraannya adalah truk Peterbilt 379 Amerika seberat tujuh ton. Karron mengatakan biaya pengirimannya saja mencapai 22 ribu poundsterling (sekitar Rp421 juta). Truk yang merupakan truk terbesar di Eropa itu membutuhkan carport sendiri untuk menyimpannya.
“Ketenaran membuat Chris Eubank merasa tak terkalahkan dan itu membuat saya gila. Saya tidak bisa menjalani hidup bersamanya lagi,” ucap Karron yang berpisah dengan Eubank pada 2005.
Chris Eubank Jr merayakan kemenangan bersama ayahnya, Chris Eubank Sr, setelah mengalahkan James DeGale di O2 Arena. Foto: Richard Heathcote/Getty Images
Senada dengan ibunya, sang anak Chris Eubank Jr juga menyesalkan apa yang dilakukan ayahnya. Chris Eubank menyia-nyiakan hampir 10 juta poundsterling (sekitar Rp191 miliar) dari pendapatan kariernya untuk memenuhi gaya hidup yang boros.
ADVERTISEMENT
“Ayah saya menjadi gila dengan pengeluarannya pada waktu-waktu tertentu dalam hidupnya. Dia memiliki kehidupan yang luar biasa. Dia masih memiliki kehidupan yang hebat, tetapi Anda harus pandai dengan uang yang dimiliki,” ucap Eubank Jr pada 2019 lalu, dilansir dari Daily Mail.
Eubank Jr yang mengikuti jejak sang ayah menjadi petinju profesional mengaku bahwa dirinya tidak ingin meniru gaya hidup ayahnya yang boros.
Chris Eubank Sr melawan Nigel Benn pada 1990. Foto: Getty Images
“Pesepakbola memiliki komitmen khusus untuk menjaga uang mereka dan itu harus sama untuk para petinju. Karena kami (petinju) cenderung impulsif, kami harus berjuang dalam masalah keuangan,” tambahnya.
Selain populer di ring tinju, Chris Eubank juga pernah bermain dalam serial televisi Big Brother pada 2001. Terbaru, pada 2015, Eubank turut serta dalam serial televisi I'm a Celebrity...Get Me Out of Here!.
ADVERTISEMENT
Terkini, dilansir dari Celebrity Net Worth, harta kekayaan milik Eubank tersisa USD 500 ribu (sekitar Rp7 miliar) saja.