Arti Ungkapan Bintang Lapangan dalam Sepak Bola

Konten dari Pengguna
29 November 2021 15:39 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bintang Lapangan Sepak Bola (Sumber: Instagram @francefootbal)
zoom-in-whitePerbesar
Bintang Lapangan Sepak Bola (Sumber: Instagram @francefootbal)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada olahraga sepak bola, terdapat arti ungkapan bintang lapangan. Istilah tersebut umumnya biasa digunakan untuk menunjukkan sesuatu atau suatu kondisi yang terjadi di arena olahraga.
ADVERTISEMENT
Salah satu istilah olahraga yang mungkin saja sering kita dengar dalam dunia sepak bola adalah "Bintang Lapangan". Lantas, apa arti ungkapan bintang lapangan? Berikut adalah penjelasannya.

Arti Ungkapan Bintang Lapangan Hijau

Arti ungkapan bintang lapangan artinya adalah sebutan atau ungkapan yang memiliki makna kiasan dalam bahasa Indonesia.
Dalam dunia olahraga khususnya sepak bola, ungkapan "Bintang Lapangan" ini merujuk pada pemain terbaik dari suatu tim atau pertandingan.
Bintang Lapangan merupakan ungkapan yang sering dipergunakan dalam menunjuk seseorang yang sangat ahli, jago dan berbakat di bidangnya, utamanya adalah olahraga.
Dikarenakan terbilang ahli, maka sosok tersebut lebih menonjol dibandingkan dengan pemain lainnya. Oleh sebab itu, kata ‘Bintang’ melekat pada ungkapan tersebut.
Arti ungkapan bintang lapangan dalam kamus Bahasa Indonesia atau KBBI adalah:
ADVERTISEMENT

Bintang Lapangan dalam Sejarah Sepak Bola

Ungkapan bintang lapangan dalam dunia sepak bola kerap disematkan kepada pemain terbaik. Ungkapan itu merujuk pada skill, teknik, atau peran pemain tersebut saat berada di lapangan sepak bola.
Tak sedikit pula pemain sepak bola yang dijuluki sebagai bintang lapangan. Berikut ini adalah beberapa pemain sepak bola yang memiliki label "Bintang Lapangan" atau pemain terbaik sepanjang masa:

1. Pele

Legenda Sepak Bola Brasil, Pele (Sumber: Colgadosporelfutbol)
Legenda Brasil, Pele secara luas dianggap sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang masa. Tidak ada pemain yang memenangkan lebih banyak Piala Dunia dibanding dirinya. Hal itu sudah cukup untuk memasukkan nama pemain Brasil tersebut di urutan teratas pada daftar ini.
ADVERTISEMENT
Pele juga menjadi titik fokus serangan untuk klub dan negaranya. Dia adalah satu-satunya pemain yang mencetak lebih dari 1.200 gol. Ketika menjadi pemain termuda di usia 17 tahun, Pele mampu mencetak dua gol di final Piala Dunia 1958 melawan Swedia.
Meski hanya bermain satu pertandingan di Piala Dunia 1962 karena cedera, pada 1970 ia mengukuhkan namanya sebagai pemain terhebat sepanjang masa.

2. Lionel Messi

Lionel Messi (Sumber: Reuters)
Lionel Messi disebut sebagai pesepakbola terhebat yang pernah ada di planet ini. Pemain asal Argentina tersebut menguasai banyak teknik sepak bola dengan sangat baik. Kemampuannya yang paling menonjol adalah dribbling-nya.
Sebenarnya, Messi tidak banyak melakukan trik-trik mencolok. Namun, pemain berpostur 170 cm itu bisa melewati lawan hanya dengan satu gerakan sederhana, kemudian hal itu juga sudah cukup membuat penonton berdiri dari bangkunya. Messi juga mengoleksi 6 trofi Ballon d'Or saat ini.
ADVERTISEMENT
Visi, tipu daya, jangkauan umpan, dan kemampuan menembak La Pulga membuatnya menjadi sorotan di setiap pertandingan yang dimainkannya. Pemain berusia 34 tahun ini menjadi salah satu pemain yang paling menarik untuk ditonton di lapangan sepak bola.

3. Cristiano Ronaldo

Christiano Ronaldo (Sumber: FIFA)
Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi dan merupakan salah satu pesepakbola terbesar sepanjang masa. Hebatnya, dia telah memenangkan Ballon d'Or sebanyak lima kali sepanjang kariernya.
Saat ini, pemain berusia 36 tahun itu menjelma menjadi seorang pemburu dengan kemampuan teknis yang hebat. Gaya permainannya tersebut sangat berbeda dari versi awal ketika bersama Manchester United.
Ia memiliki teknik gocekan yang sangat baik dengan segala kemampuan teknis yang dimilikinya. Pemain internasional Portugal itu mematikan dalam serangan balik.
ADVERTISEMENT
Dia juga memiliki kecepatan dan kemampuan menembak yang luar biasa. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Ronaldo tak diragukan lagi merupakan salah satu pemain paling menghibur dalam sejarah sepak bola.

4. Diego Maradona

Diego Maradona (Sumber: Britannica)
Diego Maradona mewarnai sepak bola dunia dengan kemapuannya yang fantastis. Dia adalah pemain yang menonjol saat Argentina memenangkan Piala Dunia 1986 dengan kontroversi gol Tangan Tuhan. Skill Maradona mengantarkan Napoli untuk meraih dua gelar Serie A pertama dalam sejarah mereka dan UEFA perdananya.

5. Johan Cruyff

Johan Cruyff (Sumber: FC Barcelona)
Johan Cruyff dikenal dengan orkestra Total Football, yang dikembangkan di Ajax dan tim nasional. Ia sangat efektif dan produktif di Ajax, di mana ia memenangkan tiga European Cup, delapan gelar liga. Secara individu, ia meraih tiga Ballon d'Or.
ADVERTISEMENT
Dia memenangkan gelar liga bersama Barcelona. Di klub itu, ia mewariskan filosofi permainan dan menjadi satu di antara orang paling berpengaruh di sepak bola.
Demikian arti ungkapan bintang lapangan dan pemain terbaik sepanjang sejarah dalam dunia sepak bola.
(ANH)