Mengenal Apa Arti Ukhti dan Maknanya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 15:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi apa arti ukhti. Sumber foto Pixels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi apa arti ukhti. Sumber foto Pixels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa arti ukhti sudah dijelaskan di buku Bahasa Arab Untuk Pemula: Let’s Talk And Practice yang artinya saudariku. Ukhti termasuk salah satu yang diambil dari bahasa arab, tetapi kerap digunakan dikehidupan sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Sejatinya, ukhti menjadi panggilan yang dianggap saudara perempuan. Banyak orang menyebut panggilan tersebut di media sosial, pertemanan bisnis dan lainnya.

Pengertian Ukhti dan Maknannya

Ilustrasi apa arti ukhti. Sumber foto Pixabay
Dikutip dari buku tersebut, ukhti termasuk bentuk tunggal dari kata akhwat yang digunakan untuk kata ganti orang kedua. Dilihat dari artinya, ukhti memiliki arti orang yang memiliki golongan yang sama, misalnya agama dan ditujukan untuk umat muslim wanita.
Apa arti ukhti dan maknannya juga kerap dibahas banyak orang. Apalagi ada makna ukhti yang mendalam, berikut ada makna ukhti yang bisa di ketahui.

1. Tak Sekadar Panggilan Biasa

Dalam agama Islam, ukhti memiliki makna tak sekadar panggilan biasa pada seorang perempuan. Ukhti menunjukkan ikatan persaudaraan sesama muslim.
Alhasil, panggilan ukhti adalah panggilan untuk perempuan dan mulia. Bahkan dianjurkan karena memperkuat hubungan sesama muslim. Tak heran banyak wanita muslim memanggil perempuan lainnya dengan sapaan ukhti walaupun baru bertemu.
ADVERTISEMENT

2. Menjaga Silaturahmi seperti yang Dijelaskan Al-Qur'an

Silaturahmi atau menjaga hubungan sesama muslim juga dijelaskan dalam Al-Qur'an. Tak heran sapaan ukhti tersebar di seluruh penjuru dunia karena menjaga silaturahmi adalah keharusan umat muslim.
Hal itu tercantum pada Al-Qur'an surat Ali Imran ayat 103 yang berbunyi, dan berpeganglah kamu semuanya pada tali agama Allah. Dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika di masa jahiliah bermusuh-musuhan.
Maka, Allah SWT mempersatukan hatimu dan karena nikmat Allah kamu bisa bersaudara. Dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, dan Allah menyelamatkanmu dari padanya.
Apa itu ukhti harus dipahami makanya sehingga tak hanya panggilan belaka. Dengan memahami maknanya, Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari lebih bijak.
ADVERTISEMENT
Ukhti dalam agama Islam memang besar maknanya. Panggilan tersebut bisa dipakai untuk anak-anak, orang dewasa maupun orangtua.
Apalagi, ukhti juga ada dalam pelajaran semasa sekolah. Khususnya pelajaran Bahasa Arab yang penjelasannya lebih lengkap dan jelas. (ASP)