Cara Bersosialisasi dengan Baik dalam Kehidupan Masyarakat

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
29 Maret 2023 17:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Bersosialisasi dengan Baik. Foto: dok. Mimi Thian (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Bersosialisasi dengan Baik. Foto: dok. Mimi Thian (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita tak terlepas dari adanya kegiatan bersosialisasi, bukan? Meski terlihat mudah, bersosialisasi juga dibutuhkan keahlian khusus agar orang lain yang kita ajak bersosialisasi juga merasa nyaman.
ADVERTISEMENT
Untuk mengetahui bagaimana cara bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan masyarakat, mari kita simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.

Cara Bersosialisasi dengan Baik dalam Kehidupan Masyarakat beserta Tipsnya

Ilustrasi Cara Bersosialisasi dengan Baik. Foto: dok. Jason Goodman (Unsplash)
Sebagai makhluk sosial, manusia terlahir dengan kebutuhan sosial yang perlu dipenuhi bersama manusia lainnya. Kebutuhan tersebut dikenal sebagai kebutuhan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
Agar kegiatan bersosialisasi dapat berjalan lancar, kita tentu perlu memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik agar dapat diterima masyarakat dan dapat mencapai tujuan bersosialisasi itu sendiri.
Dalam buku berjudul Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan yang disusun oleh Dr. Rusman, M.Pd. (2017: 296) dijelaskan bahwa kemampuan bersosialisasi merupakan suatu kemampuan yang dimiliki untuk dapat melakukan kerja sama dalam kelompok.
Suatu kelompok tidak dapat berfungsi secara efektif jika anggota kelompok tidak memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Maka dari itu, kita perlu belajar bagaimana cara bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari baik dengan teman atau masyarakat sekitar kita.
ADVERTISEMENT
Untuk tahu bagaimana cara bersosialisasi yang baik, langsung saja kita simak cara bersosialisasi dengan baik dalam kehidupan masyarakat beserta tipsnya berikut ini.

1. Ramah dan murah senyum dengan orang lain

Agar dapat bersosialisasi dan diterima masyarakat dengan baik, kita perlu menjadi pribadi yang ramah dan murah senyum. Hal ini dapat diterapkan dengan cara menggunakan tutur bahasa yang baik saat berbincang dan tetap ramah dengan orang-orang sekitar.

2. Jadi pendengar yang baik

Ketika orang lain sedang berbicara atau menyampaikan pendapatnya, kamu perlu menahan diri dan mendengarkan apa yang ingin disampaikan lawan bicara hingga selesai. Dengan begitu, kamu dapat bersosialisasi dengan cara yang baik.

3. Memiliki selera humor yang baik

Seseorang yang memiliki selera humor yang bagus tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain. Selera humor yang bagus ditandai dengan penggunaan candaan yang tidak menyinggung orang lain atau bahkan membuat orang lain sakit hati.
ADVERTISEMENT
Itulah cara bersosialisasi dengan baik yang bisa kamu coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dengan teman sebaya, rekan kerja, atau bahkan orang tua. (DAP)