Apa yang Dimaksud Bystander Effect? Ini Penjelasan dan Fakta Uniknya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 16:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inspirasi bystander effect adalah, sumber foto: Andrea Piacquadio by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Inspirasi bystander effect adalah, sumber foto: Andrea Piacquadio by pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bystander effect adalah fenomena yang sering kali kamu jumpai.
ADVERTISEMENT
Apakah kamu pernah melihat kejadian kecelakaan yang membuat banyak orang berkerumun namun tidak banyak yang menolong? Jika iya, maka fenomena ini merupakan sebutan untuk bystander effect.
Lantas apa yang dimaksud dengan bystander effect secara keseluruhan? Kamu bisa mengetahuinya melalui penjelasan berikut.

Bystander Effect Adalah...

Inspirasi bystander effect adalah, sumber foto: Andrea Piacquadio by pexels.com
Dikutip dari Buku Investigasi Akuntabilitas Akuntansi Dalam Perilaku Berbudaya karya Temu Masyarakat Akuntansi Multiparadigma 8, ini dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang pengertian dan fakta unik bystander effect.

1. Pengertian Bystander Effect

Pada dasarnya, bystander effect adalah sifat apatis atau tidak ingin tahu tentang persoalan yang terjadi. Begitu pun tentang tindakan-tindakan kecurangan yang membuat modal sosial menjadi semakin rendah.
Fenomena ini termasuk pada orang-orang yang berada di sekitar tempat kejadian. Di mana mereka memiliki peran yang sangat besar dalam mempengaruhi orang lain apakah akan menolong atau tidak saat kejadian darurat.
ADVERTISEMENT

2. Hubungan Bystander Effect dengan Modal Sosial

Bystander effect ternyata dapat memengaruhi modal sosial. Semakin rendah perilaku bystander effect, maka akan memberikan dampak yang baik terhadap modal sosial. Begitu pun sebaliknya.

3. Pengaruh Negatif Bystander Effect

Perlu kamu tahu bahwa bystander effect dapat memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap modal sosial. Tentu saja ini cukup merugikan orang lain maupun diri sendiri dalam lingkup kehidupan sosial.

4. Orang yang Pernah Mengalami Bystander Effect Menjadi Enggan Menolong Orang Lain

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa bystander effect tidak akan mudah untuk menolong orang lain. Hal ini karena kurangnya rasa tanggung jawab untuk mengambil tindakan pada saat terjadi situasi darurat.
Jika hal ini terus dibiarkan, maka bisa membuat kepedulian seseorang akan hilang dengan sendirinya. Maka dari itu, orang yang mengalami bystander effect harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak semakin parah.
ADVERTISEMENT
Kesimpulannya, bystander effect adalah suatu fenomena psikologi yang berpengaruh terhadap kepedulian seorang. Di mana orang akan merasa tidak peduli dan tidak ingin menolong jika terjadi suatu keadaan darurat. (DSI)