Apa Itu Bromance? Ini Pengertian Lengkapnya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 17:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Apa Itu Bromance. Foto: dok. Toa Heftiba (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Apa Itu Bromance. Foto: dok. Toa Heftiba (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bromance merupakan salah satu istilah yang cukup populer, khususnya di kalangan remaja pria saat ini. Apa itu bromance? Untuk mengetahui pengertian bromance secara lengkap, langsung saja kita simak artikel tentang bromance berikut ini.
ADVERTISEMENT

Apa Itu Bromance? Ini Pengertian Lengkapnya

Ilustrasi Apa Itu Bromance. Foto: dok. Ryan Kwok (Unsplash)
Hubungan persahabatan tentu dapat dijalan siapapun baik itu perempuan maupun laki-laki. Namun sayangnya, stigma masyarakat cenderung negatif saat melihat dua orang laki-laki berdekatan. Hal ini berbanding terbalik dengan kedekatan dua perempuan sebagai sahabat yang dianggap wajar.
Hal ini memicu munculnya istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan persahabatan antara satu laki-laki dengan laki-laki lainnya dalam hubungan yang wajar. Istilah ini kemudian disebut dengan bromance. Apa itu bromance?
Bromance adalah sebuah hubungan dekat yang dijalin tanpa ketertarikan seksual antara dua laki-laki atau lebih. Dalam hubungan bromance, laki-laki membagikan perasaan kasih sayang selayaknya hubungan persahabatan pada umumnya.
Dalam buku Bromance: Male Friendship, Love and Sport yang disusun oleh Stefan Robinson, ‎Eric Anderson (2022: 123), disebutkan bahwa kasih sayang dalam hubungan bromance yang dibagikan antar laki-laki memiliki arti nyata dan cukup luas.
ADVERTISEMENT
Para pria membuat hubungan antara kasih sayang dan bromance untuk mendukung mereka secara emosional dan karena itulah mereka bisa menjadi diri sendiri.
Persahabatan yang dijalin dalam hubungan bromance berjalan sebagaimana hubungan persahabatan perempuan, yaitu diskusi tentang masalah pribadi dengan sesama sahabat, bercerita tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapinya.
tak hanya itu, mereka juga saling berbagi masalah personal hingga meminta masukan untuk hubungan percintaan yang mereka jalin dengan pasangan masing-masing juga dibahas dalam hubungan pertemanan ini.
Istilah bromance saat ini sudah cukup banyak digunakan film dan drama tentang persahabatan khususnya antara laki-laki. Hal ini membuat istilah bromance cukup familiar didengar di banyak digunakan di kalangan remaja.
Itu dia penjelasan ringkas tentang apa itu bromance yang menarik sekali untuk kita ketahui. Fenomena bromance ini dapat kita temukan di sekitar kita karena pada hakikatnya hubungan persahabatan lumrah dijalin baik oleh perempuan maupun laki-laki. (DAP)
ADVERTISEMENT