5 Cara Menolak Cowok dengan Halus demi Menjaga Perasaannya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
20 Maret 2023 13:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi 5 cara menolak cowok dengan halus agar tidak menyakiti perasaannya. Sumber: RODNAE Productions/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi 5 cara menolak cowok dengan halus agar tidak menyakiti perasaannya. Sumber: RODNAE Productions/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menolak perasaan cowok yang menyatakan perasaannya kepada kita memang bukan hal mudah. Apabila kita salah menjawab, bisa saja melukai perasaannya. Untuk itu, sebaiknya kamu perlu tahu cara menolak cowok dengan halus agar dia tidak terluka. Menolak seseorang memang bukan situasi menyenangkan bagi kedua belah pihak. Bisa jadi setelah momen tersebut justru menimbulkan kecanggungan antara keduanya. Kamu tentu tidak ingin menjadi canggung, apalagi jika dia temanmu. Untuk itu, artikel ini mengupas cara menolak cowok dengan halus, yuk, simak penjelasannya.
ADVERTISEMENT

Cara Menolak Cowok dengan Halus

Ilustrasi cara menolak cowok dengan halus. Sumber: Alena Darmel/pexels.com
Sebagian besar orang pernah melakukan penolakan perasaan. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menolak perasaan orang lain,
Sanyata dalam Jurnal Paradigma menyebutkan bahwa salah satu faktor penolakan adalah mekanisme pertahanan diri. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak perempuan yang memilih waspada atau ingin fokus pada pendidikan serta kariernya, sehingga mereka memutuskan untuk menolak perasaan orang lain. Nah, berikut ini terdapat beberapa cara menolak cowok dengan halus agar kamu tidak menyakiti perasaannya.

1. Mengutarakannya dengan Jelas

Ketika kamu ingin menolak cowok, alangkah baiknya untuk menyampaikannya dengan jelas. Kamu tidak perlu basa-basi karena mereka pasti mengerti maksudmu. Kamu bisa menyampaikan bahwa tidak tertarik padanya atau sedang ingin fokus pada suatu hal, sehingga tidak ingin memulai hubungan lebih dulu.
ADVERTISEMENT

2. Jangan Jadikan Fisik Sebagai Alasan

Cewek ataupun cowok sangat mudah insecure karena alasan fisik. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu tidak menjadikan fisik sebagai alasan penolakan. Hal itu bukan hanya tidak sopan, tetapi kamu juga bisa menyakiti perasaannya dan menjatuhkan harga dirinya. Dampak lainnya, bisa saja dia trauma untuk memulai hubungan lagi.

3. Mencari Momen yang Tepat

Tidak ada salahnya jika kamu meminta waktu terlebih dahulu untuk mempertimbangkannya. Waktu yang tepat bisa membantumu untuk menyampaikan alasan lebih baik tanpa menyakiti perasaannya. Ketika menyampaikan penolakan, hindari pikiranmu dari permasalahan yang berat. Hal itu akan berdampak pada komunimasimu nanti.

4. Tidak Memberi Harapan Palsu

Ketika kamu tidak tertarik pada seseorang, jangan berikan harapan palsu, apalagi memanfaatkannya. Hal itu justru bisa membuatnya sakit hati dan kecewa. Kamu tentu tidak ingin membuat orang lain kecewa terhadapmu, kan. Selain berdampak buruk baginya, hal ini juga memiliki dampak terhadapmu.
ADVERTISEMENT

5. Hindari Respons Kasar

Ketika kamu mencoba menolak seseorang, kamu bisa mengatakannya secara halus. Hindari merespons kasar. Kamu hanya perlu memahami perasaannya, karena rasa suka tidak dapat kita kendalikan. Sebaiknya, kamu berpikir terlebih dahulu sebelum menyampaikan sesuatu agar tidak melukai perasaannya. Nah, itulah 5 cara menolak cowok dengan halus agar kamu tidak menyakiti perasaannya. Penolakan adalah hal yang wajar, tetapi memilih kata yang tepat untuk menolak juga sangat penting agar ia tidak merasa sakit hati. [ENF]