Warna Pertamax Turbo dan Perbedaannya dengan Bensin Lain

Konten dari Pengguna
17 Juni 2022 17:04 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengisian bensin Pertamax Turbo. Foto: Dok. Pertamina
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengisian bensin Pertamax Turbo. Foto: Dok. Pertamina
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai pengendara, tentu penggunaan bensin menjadi salah satu perhatian utama. Jika Anda sering melewati penjual bensin eceran, Anda dapat melihat dengan jelas perbedaan warna dari bensin Premium, Pertalite, maupun Pertamax. Lantas, apa warna Pertamax Turbo?
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman MyPertamina, Pertamax Turbo adalah bensin yang memiliki oktan 98 dengan kandungan sulfur di bawah 50 ppm. Maka dari itu bensin ini sudah memenuhi standar EURO 4.
Selain itu, Pertamax turbo juga dilengkapi dengan dua formula unggulan yakni PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula (IBF).
Formula-formula tersebut dirancang sedemikian rupa agar mesin tetap terjaga dari karat, meningkatkan akselerasi kendaraan, pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, hingga membuat mesin dapat bekerja lebih lama.
Tentunya tidak semua kendaraan dapat menggunakan bensin dengan oktan 98 ini. Karena bensin juga diciptakan untuk mesin dengan rasio kompresi tertentu.
Lantas, apa warna pertamax turbo? Berikut penjelasannya bersama dengan perbedaannya dengan bensin lain.
ADVERTISEMENT

Warna dan Perbedaan Pertamax Turbo dengan Bensin Lain

Ilustrasi tangki penyimpan Pertamax Turbo. Foto: Fitra Andrianto/kumparan
Dikutip dari laman resmi Pertamina, Pertamax turbo memiliki warna merah dan menjadi salah satu bensin unggulan Pertamina. Tentu dengan label “unggulan”, bensin ini memiliki kelebihan dari bensin lainnya. Lantas apa saja kelebihan dan manfaat menggunakan Pertamax Turbo?

Keunggulan Pertamax Turbo

Setelah mengetahui keunggulan dari Pertamax Turbo, berikut perbedaannya dengan bensin lain.

Perbedaan Pertamax Turbo dan Bensin Lain

1. Polusi yang Dihasilkan
Nilai oktan pada bensin dapat berpengaruh terhadap polusi yang dihasilkan. Semakin tinggi nilai oktan pada bensin, maka polusi yang dihasilkan akan semakin sedikit. Maka dari itu, polusi yang dihasilkan oleh Pertamax Turbo (98) lebih sedikit dibandingkan Premium (88), Pertalite (90), maupun Pertamax (92).
ADVERTISEMENT
2. Kompresi Mesin
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bensin diciptakan untuk mesin dengan rasio kompresi tertentu. Penggunaan Pertamax Turbo direkomendasikan untuk mesin dengan rasio kompresi lebih dari 12:1. Hal tersebut berbeda dengan Pertamax yang diciptakan untuk mesin yang memiliki kompresi 10-11:1 dan Pertalite untuk mesin yang memiliki kompresi 9-10:1.
3. Warna Cairan
Seperti yang sudah disebutkan di atas juga, warna cairan pada Pertamax Turbo adalah merah. Sedangkan Pertamax memiliki warna biru kehijauan dan Pertalite memiliki warna hijau terang. Perbedaan warna ini ternyata dapat berpengaruh terhadap kinerja mesin, karena bensin yang memiliki kandungan berwarna rendah akan menghasilkan pembakaran yang lebih baik.
Seperti itu informasi seputar warna Pertamax Turbo dan perbedaannya dengan bensin lain. Pastikan Anda mengisi bensin sesuai dengan rasio kompresi pada kendaraan Anda agar mesin tetap terjaga dengan baik.
ADVERTISEMENT
(AA)