Tarif Tol Cipularang 2023, Cek Biayanya Sebelum Mudik

Konten dari Pengguna
15 Februari 2023 10:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tarif tol Cipularang 2023. Foto: Cornelius Bintang/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Tarif tol Cipularang 2023. Foto: Cornelius Bintang/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tarif tol Cipularang 2023 bisa bermanfaat bagi yang berencana mudik pada tahun ini. Oleh karenanya, ini besaran biaya yang perlu disiapkan apabila ingin melintasi ruas tol tersebut.
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) dikenal sebagai ruas tol yang rawan kecelakaan. Maka dari itu, ada baiknya Anda mempersiapkan tarif tol sebelum keberangkatan agar fokus dalam mengemudi.
Supaya lebih mengenali jalan tol yang hendak dilintasi, berikut informasi mengenai profil Tol Cipularang yang perlu Anda ketahui.

Profil Tol Cipularang

Dikutip dari laman Jasa Marga, Tol Cipularang memiliki panjang kurang lebih 64,4 Km yang sudah beroperasi sejak tahun 2005. Jalan tol ini merupakan bagian dari Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi yang membentang sejauh 123 Km.
Pembangunan jalan tol ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi yang sering melakukan perjalanan Jakarta-Bandung. Dengan begitu, jalan tol ini sudah menjadi jalur pembangkit ekonomi di Jawa Barat.
Jalan tol ini dikenal atas pemandangannya yang indah, mulai dari pemandangan bukit sampai jurang yang dibalut dengan panorama indah. Tidak hanya itu, tempat peristirahatannya (Rest Area) juga menawarkan pemandangan yang indah.
ADVERTISEMENT
Namun, keindahan tersebut juga memiliki sisi yang tidak mengenakkan, yakni sisi yang rawan kecelakaan. Selain karena adanya tikungan tajam dan kecuraman, jalan tol yang menghadirkan keindahan juga kerap membuat para pengemudi ngantuk.
Maka dari itu, ada baiknya Anda sudah mendapatkan istirahat yang cukup sebelum berkendara melintasi jalan tol ini. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan gangguan saat mengemudi adalah dengan mengisi uang elektronik sebelum keberangkatan.
Setelah mengetahui informasi singkat mengenai jalan tol yang akan dilintasi, berikut besaran tarif tol Cipularang 2023 berdasarkan golongan kendaraan yang melintas.

Tarif Tol Cipularang 2023

Tarif tol Cipularang 2023. Foto: dok. Jasa Marga
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menyiapkan tarif tol sebelum keberangkatan bisa membuat Anda lebih fokus dalam berkendara, khususnya saat melintasi Tol Cipularang ini. Oleh karenanya, berikut besaran tarif tol Cipularang 2023 dikutip dari laman BPJT:
ADVERTISEMENT

SS Dawuan-Sadang

SS Dawuan-Jatiluhur

SS Dawuan-SS Padalarang

Sadang-Jatiluhur

Sadang-SS Padalarang

Jatiluhur-SS Padalarang

SS Padalarang-Cikamuning

ADVERTISEMENT
Demikianlah informasi mengenai tarif tol Cipularang 2023 berdasarkan golongan kendaraan. Semoga bermanfaat.
(AA)