Power Window Macet? Ini Cara Mengatasinya

Konten dari Pengguna
9 Desember 2022 11:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Power window macet. Foto: dok. Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Power window macet. Foto: dok. Istimewa
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Salah satu permasalahan umum yang kerap dialami oleh para pemilik mobil yang sudah menggunakan power window adalah macetnya komponen tersebut. Bagi yang memiliki masalah serupa, berikut cara mengatasi power window macet.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman bukalapak, power window merupakan peranti elektronik yang mampu mengoperasikan kaca mobil (naik turun) secara otomatis menggunakan satu tombol. Biasanya, mobil keluaran baru sudah dilengkapi dengan peranti elektronik ini.
Sejatinya, penyebab power window mobil macet beragam. Hal ini bisa dikarenakan peranti elektroniknya rusak seperti bagian saklar mengalami kerusakan, motor penggerak aus, saklar mengalami korsleting, sampai sekring putus.
Namun, power window macet tidak semerta-merta hanya karena kerusakan pada perangkat elektroniknya saja, melainkan penggunaannya yang sembarang dan jarangnya perawatan sehingga power window kotor.
Maka dari itu, bagi yang belum mengalami permasalahan ini, ada baiknya Anda mengubah perilaku berkendara agar lebih berhati-hati dan lakukan perawatan kendaraan secara rutin. Bagi yang sedang mengalami permasalahan ini, berikut cara mengatasinya.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Power Window Macet

Power window macet. Foto: wikihow.com
Dikutip dari laman auto2000, apabila power window macet disebabkan karena peranti elektroniknya rusak, maka Anda disarankan untuk melakukan perbaikan pada bengkel terdekat. Namun, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini sebagai pertolongan pertama:

1. Bersihkan Karet Kaca Mobil

Apabila permasalahannya bukan pada perangkat elektronik, bisa saja power window macet karena karet kaca mobilnya yang sudah kotor. Maka dari itu, Anda bisa melakukan pembersihan pada karet kaca mobil.
Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan sela-sela karet kaca dengan menggunakan kuas kecil. Kemudian Anda bisa membersihkannya kembali menggunakan kain lap yang sudah dibasahi sedikit.

2. Semprot dengan Silicon Spray

Jika belum teratasi, Anda bisa melakukan langkah kedua, yakni menggunakan silicon spray ke bagian kaca. Semprotan ini tidak hanya mampu mengatasi permasalahannya saja, melainkan bisa mengoptimalkan kinerja kaca mobil. Ini disebabkan kandungan di dalamnya yang mampu melindungi dan menghilangkan bunyi akibat gesekan layaknya pelumas.
ADVERTISEMENT

3. Semprot Menggunakan Angin Bertekanan

Cara alternatif lainnya dalam mengatasi power window macet adalah menyemprot komponennya menggunakan angin bertekanan. Hal ini dilakukan agar kotoran yang mengendap pada kaca mobil bisa tersapu bersih.
Langkah yang terakhir ini merupakan langkah akhiran atau “finishing” dari kedua cara sebelumnya. Maka dari itu, menyemprotkan air bertekanan ini dapat menjadi jawaban apakah kerusakan diakibatkan oleh kotoran atau peranti elektroniknya yang rusak.
Demikian informasi seputar cara mengatasi power window mobil macet. Apabila ketiga cara di atas masih belum bisa mengatasi permasalahan, maka sudah dipastikan bahwa permasalahan terletak pada peranti elektroniknya. Maka dari itu, kunjungilah bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.
(AA)