Pelat Nomor DR Adalah Kode Kendaraan Daerah Ini

Konten dari Pengguna
10 Maret 2022 16:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Seorang petugas mengambil gambar logo pada kendaraan dengan pelat nomor khusus anggota DPR yang terparkir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/5). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Seorang petugas mengambil gambar logo pada kendaraan dengan pelat nomor khusus anggota DPR yang terparkir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/5). Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA FOTO
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pernah tidak, Anda melihat sebuah kendaraan bermotor dengan pelat nomor DR pada kode pertamanya. Lantas Anda bertanya-tanya, dari mana kendaraan tersebut berasal?
ADVERTISEMENT
Pelat nomor berfungsi sebagai "identitas" kendaraan bermotor. Pelat nomor ini terpasang di bagian sisi depan dan belakang. Pelat nomor berisi rangkaian angka dan huruf dengan kode tertentu. Pada bagian pelat nomor kendaraan, biasanya terdapat huruf pada awalan nomor yang diartikan sebagai kode asal kendaraan.
Selanjutnya adalah kode secara spesifik area di mana dalam kabupaten/provinsi kendaraan tersebut berada. Dan yang terakhir kode angka pada pelat nomor. Bagi Anda yang menjumpai pelat nomor DR dan penasaran wilayah mana saja yang meliputi kode tersebut, berikut informasinya.

Informasi Wilayah dengan Pelat Nomor DR

Ilustrasi pelat nomor kendaraan bermotor Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Dikutip dari laman pemerintahkota, pelat DR ini merupakan kode untuk kendaraan yang berasal dari Wilayah NTB (Pulau Lombok: Lombok dan Mataram). Untuk mengetahui lebih spesifik, berikut daftar kode belakang pelat DR Wilayah NTB (Pulau Lombok: Lombok, Dan Mataram).
ADVERTISEMENT
Kota Mataram (A/B/C/D/E)
Kab. Lombok Barat (H/J/K)
Kab. Lombok Tengah (S)
Kab. Lombok Timur (L)

Spesifikasi Pelat Nomor

Setelah mengetahui mengenai pelat nomor DR berasal dari mana, tidak salahnya untuk mengetahui apa saja spesifikasi dari pelat nomor ini. Dikutip dari laman resmi Auto2000, berikut ulasannya untuk Anda.
Spesifikasi Teknis Pelat Nomor
Ada beberapa informasi mengenai spesifikasi teknis dari pelat nomor. Berikut daftarnya:
ADVERTISEMENT
Spesifikasi Warna Pelat Nomor
Selain itu, ada informasi warna pelat nomor berdasarkan penggunaannya menurut Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor, pada Pasal 39 Ayat 3:
ADVERTISEMENT
(HDZ)