Fungsi Gearbox Mobil dan Komponennya

Konten dari Pengguna
29 September 2022 15:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi fungsi geabox mobil. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fungsi geabox mobil. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai pemilik mobil, Anda wajib untuk selalu memperhatikan kondisi komponen-komponennya, khususnya gearbox. Nah salah satu cara agar Anda dapat merawatnya dengan baik adalah mengenali komponennya terlebih dahulu. Berikut informasi seputar fungsi gearbox dan komponennya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Auto2000, gearbox merupakan sistem pemindah daya mesin atau tenaga mesin pada kendaraan bermotor. Secara garis besar, gearbox memiliki peranan penting agar keseluruhan mesin dapat bekerja atau dioperasikan.
Mekanisme gearbox pada mobil cukup mudah dipahami, yaitu menyalurkan tenaga yang sudah dihasilkan oleh putaran mesin ke komponen lainnya agar mesin dapat tetap berjalan.
Saat proses perpindahan tenaga tersebut, poros dan roda atau ban mobil akan menerima gaya tertentu. Gaya tersebut akan diciptakan dengan tenaga putar yang besar. Saat proses ini gearbox bekerja dengan menyesuaikan daya agar tenaga dapat tersalurkan dengan baik.
Setelah mengetahui informasi singkat mengenai gearbox, berikut fungsi-fungsi gearbox yang menjadikannya salah satu komponen mobil terpenting.

Fungsi Gearbox Mobil

Ilustrasi fungsi geabox mobil. Foto: dok. Muhammad Ikbal/kumparan
Dikutip dari laman Hyundai, kerusakan yang terjadi pada gearbox akan sangat fatal bagi kendaraan, bahkan sampai tidak bisa dikemudikan. Lantas, mengapa gearbox sepenting itu untuk mobil? Berikut fungsi-fungsinya:
ADVERTISEMENT

1. Penyalur Tenaga Mesin Kendaraan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mekanisme gearbox adalah menyalurkan tenaga mesin kendaraan ke komponen-komponen lainnya yang membutuhkan agar mesin tetap bekerja. Umumnya tenaga ini disalurkan dari ruang mesin ke bagian penggerak mobil, seperti roda penggerak melalui sistem rantai.

2. Mengatur Daya yang Diciptakan Mesin

Pada mobil manual, Anda bisa menyesuaikan kecepatan dengan kehendak sendiri melalui perpindahan gigi. Nah saat Anda memindahkan gigi kecepatan kendaraan akan berubah sesuai dengan tingkatan gigi transmisi yang dimasukkan.
Selain dapat membantu Anda dalam menambah atau mengurangi gigi pada mobil, perpindahan gigi juga berfungsi untuk mengatur tenaga. Dengan begitu gearbox dapat membantu Anda dalam mengatur tenaga sesuai kehendak diri.

3. Mengatur Arah Gerak Torsi

Fungsi lainnya dari gearbox adalah mengatur proses gerak berbalik putaran. Gearbox dapat mengubah kondisi gear ketika transmisi diubah ke posisi R (Reverse) atau membuat mobil menjadi berjalan mundur.
ADVERTISEMENT

Komponen Gearbox

Tentunya gearbox tidak akan bisa melaksanakan fungsi-fungsi yang sudah disebutkan di atas tanpa para komponen pembantunya. Mengetahui komponen-komponen gearbox juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap komponen ini. Berikut daftarnya bersama dengan fungsinya:
Demikianlah informasi seputar fungsi gearbox dan fungsi dari komponen-komponen pembantunya. Selain gearbox, masih banyak komponen penting lainnya yang perlu Anda ketahui juga fungsi dan komponennya. Dengan begitu, Anda akan lebih mengenali kendaraan yang Anda gunakan setiap harinya.
ADVERTISEMENT
(AA)