Anti Repot, Begini Cara Perpanjang SIM Online dari Rumah

Konten dari Pengguna
30 April 2021 19:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri. (Foto: Reno Esnir/ANTARA Foto)
zoom-in-whitePerbesar
Tampilan aplikasi Digital Korlantas Polri. (Foto: Reno Esnir/ANTARA Foto)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Surat Izin Mengemudi atau SIM memiliki masa berlaku 5 tahun terhitung dari tanggal penerbitannya. Ketika habis masa berlakunya, Anda wajib melakukan perpanjangan SIM.
ADVERTISEMENT
Jika memperpanjang SIM terasa cukup memakan waktu, Anda tidak perlu khawatir sebab perpanjang SIM saat ini sudah bisa dilakukan secara online dari rumah.
Layanan perpanjang SIM online kini tersedia melalui aplikasi Digital Korlantas Polri.
Aplikasi tersebut menyediakan banyak layanan serta informasi, salah satunya perpanjang SIM. Ketika hendak memperpanjang masa berlaku, Anda bisa memanfaatkan layanan SIM Nasional Presisi atau SINAR pada menu SIM.
Bagi Anda yang ingin mencobanya, simak penjelasan berikut mengenai cara perpanjang SIM secara online.

Cara Perpanjang SIM Online

Dikutip dari kumparanOTO, aplikasi ini sudah tersedia di Play Store bagi pengguna Android dan akan menyusul untuk versi iOS di App Store. Jika sudah diunduh, berikut langkah-langkahnya:
1. Registrasi
ADVERTISEMENT
Saat pertama membuka aplikasi Digital Korlantas Polri, Anda diminta melakukan registrasi dengan mengisi nomor handphone. Kode OTP kemudian akan dikirim untuk dimasukkan ke dalam kolom yang tersedia.
Setelah itu, Anda perlu membuat pin yang terdiri dari 6 digit angka. Buatlah pin dengan angka yang mudah Anda ingat. Lalu Anda akan mengisi data identitas diri seperti nama lengkap, NIK, dan email.
2. Verifikasi
Sesudah registrasi, selanjutnya Anda akan melakukan proses verifikasi. Proses ini terdiri atas verifikasi wajah dan email. Sistem akan membantu Anda mengambil foto wajah untuk verifikasi wajah yang disesuaikan dengan KTP Anda.
Kemudian, verifikasi via email akan Anda lakukan dengan mengecek email dan mengaktivasi akun melalui link yang diberikan.
ADVERTISEMENT
3. Pilih Menu SIM
Selanjutnya, Anda dapat memulai menggunakan layanan SINAR. Pilihlah menu SIM, kemudian pilih golongan SIM seperti SIM A atau C yang ingin diperpanjang.
Anda akan diminta mengisi nomor SIM setelahnya. Selain itu, Anda juga harus mengunggah foto KTP, foto SIM, foto tanda tangan, dan pas foto.
4. Daftar Tes Kesehatan dan Tes Psikologi
Setelah mengunggah data diri, Anda akan melakukan pendaftaran tes kesehatan. Untuk mendaftar, Anda bisa menggunakan menu e-Rikkes lalu memasukkan NIK dan swafoto diri Anda.
Setelah registrasi e-Rikkes, Anda perlu memilih jadwal pemeriksaan dan dokter. Kemudian kode booking akan diberikan untuk Anda tunjukkan ketika melakukan tes kesehatan. Tempat tes kesehatan nantinya ditentukan oleh kepolisian.
Usai melakukan tes kesehatan, Anda perlu melakukan pembayaran via ATM dengan menggunakan virtual account Bank BNI. Hasil dari tes tersebut akan dikirimkan secara otomatis ke akun Anda di aplikasi.
ADVERTISEMENT
Jika sudah melalui tes kesehatan, Anda juga perlu melakukan tes psikologi. Pendaftarannya dilakukan melalui menu E-PPsi. Seperti tes kesehatan, hasilnya akan otomatis terkirim ke akun Anda.
5. Metode Pengambilan dan Pembayaran
Sebelum memilih metode pengambilan, Anda diminta untuk memilih wilayah Polda dan Satpas sesuai domisili. Kemudian isilah data rekening jika ada keperluan pengembalian dana atau pembatalan.
Selanjutnya, Anda dapat memilih metode pengambilan SIM baru. Metode pengambilan yang tersedia antara lain pengambilan langsung, diwakilkan dengan surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman PT Pos Indonesia.
Langkah terakhir, Anda akan menyelesaikan pembayaran perpanjangan SIM. Pembayaran bisa dilakukan via ATM atau mobile banking menggunakan virtual account Bank BNI.
Bila tagihannya sudah Anda lunasi, Anda hanya perlu menunggu SIM baru selesai dibuat. Kemudian, ketika SIM baru sudah diterima, lakukan konfirmasi SIM dan digitalisasi SIM akan dilakukan secara otomatis pada aplikasi. (RAS)
ADVERTISEMENT