Eks Real Madrid Ini Jadi Pesepak Bola Pertama yang Dibeli dengan Bitcoin

Info Bola adalah story berita bola hari ini, jadwal terkini, tentang pemain, sepak bola Liga indonesia, Eropa, dan dunia.
Konten dari Pengguna
20 Januari 2021 11:15 WIB
Tulisan dari Info Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

David Barral, eks Real Madrid yang diboyong dengan Bitcoin oleh tim Divisi B Segunda Liga Spanyol. Foto: Twitter/@barral23
David Barral, eks Real Madrid yang diboyong dengan Bitcoin oleh tim Divisi B Segunda Liga Spanyol. Foto: Twitter/@barral23
ADVERTISEMENT

Kemajuan teknologi tampaknya mengubah berbagai macam aspek kehidupan, termasuk urusan keuangan. Baru-baru ini, transaksi pembelian pemain sepak bola yang biasanya menggunakan mata uang asli kini telah beralih menggunakan mata uang elektronik, Bitcoin.

ADVERTISEMENT

Hal itu terjadi ketika eks pemain Real Madrid B, David Barral, yang diboyong oleh tim Divisi Ketiga Liga Spanyol, DUX Internacional de Madrid, menggunakan mata uang elektronik (cryptocurrency) Bitcoin.

Bitcoin sendiri merupakan mata uang elektronik yang mulai dipopulerkan pada 2009 lalu oleh Satoshi Nakamoto. Mata uang ini berjalan dengan sistem peer to peer yang dapat dikontrol sepenuhnya oleh pengguna, tanpa adanya perantara.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Ilustrasi Bitcoin Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Namun, sayangnya belum ada rilis resmi terkait berapa nominal kesepakatan antara pihak klub dengan David Barral. Meskipun begitu, kesepakatan ini dipercaya terjadi berkat dukungan sponsor baru klub tersebut, Criptan.

Dilansir dari Sportbible, Criptan adalah sebuah platform lokal yang berfungsi untuk pembelian dan penjualan cryptocurrency.

Dalam sebuah postingan di akun Twitter resmi klub, Internacional de Madrid menyambut penyerang berusia 37 tahun tersebut sembari berterima kasih kepada sponsor baru mereka.

ADVERTISEMENT

"David Barral pemain baru DUX Internacional de Madrid, selamat datang di klub tanpa batas!" tulis klub di akun Twitter resminya.

"Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang ditandatangani menggunakan cryptocurrency. Terima kasih kepada Criptan, sponsor baru kami yang memungkinkan kesepakatan ini terjadi," tutup pernyataan klub tersebut.

Setali tiga uang dengan pernyataan yang dilontarkan oleh pihak klub, mantan penyerang Levante dan Granada ini juga turut bahagia bisa bergabung dengan klub tersebut.

"Senang bergabung dalam proyek @interdemadrid dengan ambisi dan tanggung jawab yang besar untuk terus bersaing serta mencapai tantangan penting dalam karier saya," tulis Barral di akun Twitter pribadinya.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Thibaut Courtois, salah satu pemilik klub eSports DUX Gaming yang merupakan sponsor dari Internacional de Madrid. Foto: Benjamin Crewel/AFP

Selain Criptan yang menjadi sponsor baru mereka, ada juga DUX Gaming yang telah lebih dulu mensponsori klub yang berlaga di Divisi B Segunda tersebut. DUX Gaming diketahui merupakan klub eSports yang dimiliki oleh pemain Real Madrid, Thibaut Courtois bersama pemain Real Betis, Borja Iglesias.

ADVERTISEMENT

Sementara itu, terkait penggunaan Bitcoin dalam transaksi di dunia olahraga sebenarnya sudah pernah terjadi dalam bentuk pembayaran gaji atlet NFL, Russel Okung.

“Dibayar dengan Bitcoin adalah langkah pertama untuk memilih keluar dari ekonomi yang korup dan dimanipulasi yang harus kita semua tinggalkan," ucap Okung, dilansir dari Sportbible.