7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona

Info Bola
Info Bola adalah story berita bola hari ini, jadwal terkini, tentang pemain, sepak bola Liga indonesia, Eropa, dan dunia.
Konten dari Pengguna
24 Januari 2019 15:25 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Frenkie de Jong, ‘wonderkid’ anyar rekrutan Barcelona.
Resmi sudah bintang muda Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong, jadi milik klub raksasa Spanyol Barcelona. Pemain berusia 21 tahun tersebut langsung diumumkan Barca lewat akun Twitter resmi klub, pada Kamis (24/1/2019) pukul 00.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, negosiasi sempat berjalan alot lantaran Barca harus bersaing dengan Manchester City dan Paris-Saint Germain. Namun, nama pertama harus lebih dulu menyerah lantaran tak bisa menyanggupi mahar yang harus dibayarkan. PSG lebih ngotot, mengingat Rabiot ingin hengkang akhir musim, tapi tawaran mereka dikalahkan Barcelona.
Dengan harga 75 juta euro, ditambah klausul yang memungkinkan besaran mencapai 86 juta, De Jong resmi menandatangani kontrak sampai lima musim ke depan. Walau sudah resmi milik Barca, pemain kelahiran Belanda tersebut baru akan bergabung pada akhir musim nanti, tepatnya 1 Juli 2019 mendatang.
Kedatangan De Jong merupakan rekrutan yang dinilai bisa menambah kualitas lini tengah Barcelona. Murninya sebagai gelandang bertahan, De Jong yang versatil juga bisa bermain di berbagai posisi. Nantinya, De Jong diproyeksikan mengisi posisi Sergio Busquet yang disebut sudah menua dan melambat.
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (1)
zoom-in-whitePerbesar
De Jong resmi jadi milik Barcelona. (Foto: www.fcbarcelona.com)
ADVERTISEMENT
Sejak mulai dipercaya mengisi tim utama Ajax pada musim 2017/18, Frenkie de Jong sudah menunjukkan bakat besarnya, lewat kepiawaian dan kepercayaan dirinya di usia yang masih sangat muda.
Kemampuan olah bolanya sebagai gelandang bertahan bisa dibilang luar biasa. Musim lalu saja, De Jong sukses mencatat 87,1 persen drible sukses, 54 dari 58. Apalagi urusan mengumpan, musim lalu De Jong sukses jadi pengoper paling akurat di Liga Belanda, mencapai 92,9 persen dengan 67 umpang per laga.
Belum habis sampai di situ kemampuan De Jong. Pemain berusia 21 tahun tersebut juga dikenal sebagai pemain yang teramat versatil. Buktinya, kini De Jong sudah pernah bermain di semua posisi lini tengah. Musim lalu Ajax kerap gonta-ganti dari 4-2-3-1 ke 4-3-3 dan De Jong jadi pemain yang paling cepat beradaptasi.
ADVERTISEMENT
Dengan datangnya beberapa pemain, De Jong kini ditugaskan lebih sebagai deep-lying midfielder. Dalam formasi tiga gelandang tengah, biasanya De Jong berada di kiri. Selain posisi tersebut, dirinya juga bisa bermain sebagai Libero, peran gabungan antara gelandang bertahan dan bek tengah, membantu Matthijs De Ligt dan Danny Blind.
Sebelum melihat Frenkie de Jong berlaga di lapangan, berikut tujuh fakta mengenai wonderkid rekrutan anyar Barcelona.
1. Lahir di tahun Barca juara dan disebut penerus Beckenbauer
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (2)
zoom-in-whitePerbesar
Beckenbauer dengan trofi Piala Dunia. (Foto: AFP)
Uniknya, Frenkie de Jong dilahirkan pada 12 Mei 1997, dua hari sebelum Sir Bobby Robson membawa Barcelona menjuarai Piala Winners keempat dalam sejarah klub. Kebetulan lagi, laga final tersebut dilaksanakan di negara asal De Jong, tepatnya di Rotterdam, Belanda.
ADVERTISEMENT
Sejak jadi profesional, De Jong kerap Konsisten bermain apik, menarik perhatian mantan bintang Ajax Arie Haan. Pemain Timnas Belanda tahun 70an tersebut mengatakan De Jong versi lebih baik dari legenda yang sempat dihadapinya, Franz Beckenbauer, karena punya “kecepatan dan akurasi umpan."
2. Kampung halaman dan nama ‘pasaran’ miliknya
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (3)
zoom-in-whitePerbesar
Nigel 'de Jong', pemain yang bernama serupa. De Jong berarti muda. (Foto: Getty Images)
Lahir di pedesaan bernama Arkel, terletak di daerah selatan Belanda, jumlah populasi penduduknya hanyalah 4.000 orang. Lahir bernama De Jong membuatnya punya nama bagai ‘Budi’ di Indonesia. Ada total 90.000 orang yang bernama serupa pada data tahun 2007, kini tentu sudah lebih banyak lagi.
3. Hubungan spesial dengan Ronald Koeman
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (4)
zoom-in-whitePerbesar
Frenkie de Jong dan Ronald Koeman. (Foto: Dok. KNVB)
ADVERTISEMENT
Tepatnya 30 tahun yang lalu Barcelona mendatangkan Pemain Belanda yang kemudian jadi legenda klub, yaitu Ronald Koeman. Tahun 1992 jadi momen paling diingat buat salah satu bek tengah tersubur sepanjang masa tersebut, kala mencetak gol pada final Liga Champions 1992.
Kini Koeman menukangi Timnas Belanda sejak 6 Februari 2018 lalu, usai sebelumnya sempat melanglang buana. Uniknya, Koeman lah pelatih yang memberikan kesempatan main buat De Jong melakoni debutnya di timnas.
4. Pemain Belanda ke-20 buat Barcelona
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (5)
zoom-in-whitePerbesar
Frenkie de Jong kala membela De Oranje. (Foto: Reuters/Stringer)
Seperti yang diketahui sebelumnya, Frenkie de Jong resmi diboyong dari Ajax, menjadikannya sebagai pemain berkebangsaan Belanda ke-20 yang pernah membela Barcelona.
Gelandang berusia 21 tahun tersebut mengikuti langkah para pendahulunya, seperti Johan Cruyff, Ronald Koeman, Patrick Kluivert, Frank-Ronald de Boer, Marc Overmars, Giovanni van Bronckhorst, Edgar Davids dan terbaru Jasper Cillessen yang masih bersama Barca.
ADVERTISEMENT
5. Menghadapi di final Liga Europa Manchester United
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (6)
zoom-in-whitePerbesar
Frenkie de Jong menghadapi Marouane Fellaini. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Usia Frenkie de Jong boleh saja masih muda, tapi dirinya sudah dipercaya mengisi tim utama sejak musim lalu. Berbagai laga besar di liga domestik pun dilaluinya. Namun, laga terbesarnya kala berseragam Ajax tentu saja kala bersua Manchester United di final Liga Europa tahun 2017.
Sebelumnya sempat diberi kesempatan main kontra Legia Warsaw, Copenhagen dan Schalke, sampai pada laga final, De Jong Masuk menit ke-82 menggantikan Jairo Riedewald. Tak banyak yang bisa dilakukan kala itu, Ajax kalah dengan skor 2-0. Walau begitu, laga tersebut jadi titik awal De Jong masuk ke tim utama.
ADVERTISEMENT
6. Debut di Ajax melawan tim asalnya, Willem II
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (7)
zoom-in-whitePerbesar
Frenkie de Jong kala membela Willem II. (Foto: @frenkiedejong/Instagram)
Buat yang tak mengikuti perkembangan Liga Belanda, mungkin mengejutkan bila akademi Ajax bukanlah yang menghasilkan Frenkie de Jong, melainkan Willem II. De Jong baru bergabung dengan Ajax saat usianya sudah menginjak 18 tahun.
Baru kala berusia 19 tahun, usai bermain impresif bersama Jong Ajax, De Jong melakoni debutnya bersama tim senior. Uniknya, lawan yang dihadapi adalah mantan klubnya, Willem II.
7. Hobi travelling dan bermain video game
7 Fakta ‘Wonderkid’ Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona (8)
zoom-in-whitePerbesar
Frenkie de Jong dan kekasihnya kala berlibur di Maroko. (Foto: @frenkiedejong/Instagram)
Frenkie de Jong, dilansir dari situs resmi Barcelona mengatakan, selain sepak bola, minat terbesarnya jatuh yaitu travelling, berkeliling dunia. Selain itu, pemain berusia 21 tahun itu pun menyebutkan bermain video game dan mendengarkan musik juga merupakan hobinya. (bob)e
ADVERTISEMENT