5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16

Info Bola
Info Bola adalah story berita bola hari ini, jadwal terkini, tentang pemain, sepak bola Liga indonesia, Eropa, dan dunia.
Konten dari Pengguna
12 Agustus 2018 13:17 WIB
comment
4
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Bola tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Valentino 'Jebret' Simanjuntak (Kanan) menjadi komentator ketika Piala Presiden. (Instagram: @radotvalent)
ADVERTISEMENT
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjuarai turnamen AFF U-16 2018. Tim asuhan Fakhri Husaini ini mampu menyapu bersih setiap laga mulai dari fase grup hingga babak final dengan kemenangan. Pada laga final kemarin, Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan berhasil membawa Indonesia mengangkat trofi pertama dalam turnamen AFF U-16 sejak dihelat pada 2002.
Di balik kemenangan Timnas Indonesia U-16, ada seorang komentator yang selalu berteriak tanpa henti dari studio untuk membangun semangat suporter layar kaca.
Valentino ‘Jebret’ Simanjuntak mulai dikenal sejak 2013. Saat itu, Valentino menjadi komentator Piala AFF U-19 2013 yang dimenangkan Indonesia. Pria kelahiran 1982 tersebut selalu mengucapkan istilah ‘jebret’ pada setiap tembakan yang dilancarkan ke gawang lawan.
ADVERTISEMENT
Ada banyak istilah dan kata-kata "mutiara" yang sering ia teriakkan ketika pertandingan berlangsung.
1. Jebret
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16 (1)
zoom-in-whitePerbesar
Valentino Simanjuntak, komentator 'nyentrik' yang punya rasa nasionalisme tinggi. (Instagram: @radotvalent)
Karena ungkapan ‘jebret’ tersebut, Valentino dijuluki ‘Bung Jebret’. Jebret sendiri adalah istilah non-formal yang sering diucapkan masyarakat pencinta bola di Indonesia. Pada masyarakat Tegal, Jawa Tengah, istilah jebret merupakan pengungkapan emosional ketika terjadi tendangan yang kencang.
Meskipun lebih banyak digunakan di daerah Tegal, kata jebret sudah menjalar ke seluruh penjuru Indonesia. Jebret juga menunjukkan suara pintu atau jendela yang ditutup dengan keras.
2. Umpan Antarbenua
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16 (2)
zoom-in-whitePerbesar
Valentino ketika menjadi komentator Timnas Indonesia. (Instagram/@radotvalent)
Valentino semakin lihai membuat istilah dalam permainan sepakbola. Ia memberikan istilah ‘umpan antarbenua’ saat ada pemain yang melakukan umpan daerah, umpan lambung, atau umpan jauh. Istilah ini pertama kali muncul ketika turnamen Piala Presiden 2017.
ADVERTISEMENT
Selain ‘umpan antarbenua’, Valentino juga kerap kali mengucapkan istilah ‘umpan antarsamudera’. Istilah-istilah tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi pencinta sepak bola, khususnya suporter layar kaca.
3. Umpan Membelah Lautan
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16 (3)
zoom-in-whitePerbesar
Valentino hadir di tribun suporter ketika pertandingan AFF U-16 2018 antara Indonesia U-16 vs Myanmar U-16.(Instagram: @radotvalent)
Pria yang memiliki 723 ribu pengikut di akun instagramnya ini juga sering mengucapkan istilah ‘umpan membelah lautan’. Istilah ini ia ungkapkan ketika ada pemain yang melakukan umpan terobosan (through pass) untuk membangun serangan.
Ungkapan tersebut ia ucapkan berulang kali sepanjang turnamen AFF U-16 2018. Ungkapan yang ia ucapkan dengan penuh semangat ini sering kali membuat penonton tertawa.
4. Gerakan 378
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16 (4)
zoom-in-whitePerbesar
Valentino berpose bersama suporter Timnas Indonesia.(Instagram: @radotvalent)
ADVERTISEMENT
Ungkapan ini ia ucapkan ketika ada pemain yang mengecoh pemain lawan. Biasanya, ia berkata, “Iyaakk Amiruddin Bagus melakukan gerakan 378” ketika pemain tersebut menggocek atau mengecoh lawannya.
Angka 378 sendiri adalah pasal di dalam KUHP yang mengatur tentang penipuan. Perbendaharaan kata yang baik membuat Bung Jebret mahir dalam mengomentari pertandingan.
5. Umpan Mubazir
5 Istilah Nyentrik Komentator Bola Piala AFF U-16 (5)
zoom-in-whitePerbesar
Valentino Simanjuntak di dalam studio. (Instagram: @radotvalent)
Satu lagi ungkapannya yang memaksa penonton untuk tertawa, yaitu Umpan Mubazir. Ungkapan ini ia ucapkan ketika ada pemain yang melakukan umpan yang salah, umpan yang membuat bola keluar lapangan, atau umpan yang malah membuat bola dikuasai lawan.
Istilah-istilah ini masih sering ia ucapkan setiap kali ia menjadi komentator, baik di Liga 1, atau saat pertandingan Timnas Indonesia.
ADVERTISEMENT